Minggu, 06 Februari 2011

Budidaya Lele Sangkuriang Di Malang

        Pada saat sekarang ini telah terjadi pengalihan budidaya lele secara besar-besaran dari budidaya lele lokal ataupun dumbo ke budidaya lele sangkuriang, adapun keuntungan yang di dapat oleh para petani lele adalah waktu yang lebih singkat dan hasil yang lebih banyak.

        Dengan hal tersebut maka kami pelaku pembibitan benih lele sangkuriang telah membuka pembibibitan di wilayah Malang, sehingga nantinya bagi petani di wilayah Malang ataupun Jawa Timur yang berminat untuk membeli benih lele sangkuriang tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Barat yang memang pada saat ini pembibitan banyak di lakukan di Jawa Barat terutama di Bogor dan Sukabumi.

        Kami juga mengajarkan cara pembesaran lele sangkuriang bagi pemula dan semua mengacu pada buku yang ditulis oleh bapak Nasrudin selaku "Bapak Lele Sangkuriang" dan pembimbing saya dalam diklat budidaya lele sangkuriang di Bogor. 

        Oleh karena itu rekan-rekan yang berminat silahkan bergabung dan juga untuk tukar pikiran dan saling tukar ilmu mengenai budidaya lele sangkuriang ini. 

259 komentar:

1 – 200 dari 259   Lebih baru›   Terbaru»
Anonim mengatakan...

Heri, Blitar.

makasih sebelumnya buat pak Taufik yang akhirnya sudi membuat blogger buat kami para petani lele sangkuriang binaan bapak.

pak, 2 minggu lagi saya panen perdana oleh karena itu saya mau pesan benih lagi ukuran 4/6, 10.000 ekor soalnya saya sudah buat lagi kolam ukuran 4 x 5 sebanyak 2 kolam dan untuk waktu pastinya saya kabari pak taufik lagi, saya akan kabari teman2 petani lele binaan pak taufik bahwa sudah ada blog dari bapak untuk komunikasi kita dama pembesaran lele sangkuriang. makasih.

Taufik mengatakan...

Trima kasih juga pak heri atas commentnya, kabari saya 1 minggu sebelumnya soalnya saya harus mengatur jadwal penganmbilan benih.
untuk panen perdana semoga mendapatkan hasil yang banyak, amin.

Anonim mengatakan...

Santoso-Malang
salam kenal pak, saya pemula mau belajar pembesaran lele sangkuriang,, bisa bapak bantu saya bagaimana caranya agar bisa sukses sampai panen. saya tunggu kabar dari bapak. terima kasih.

Anonim mengatakan...

Bambang Puji, Jombang.

Saya pemula dan saya ingin membeli bibit sangkuriang untuk 5000 ekor saja dulu buat saya coba dirumah, apa bisa dikirim atau saya ambil ? saya dikasih herbalnya juga khan pak ???
cepat dibalas ya pak..!!!!
Thanks.

Taufik mengatakan...

Buat Pak Santoso.

Salam kenal juga, kalo bapak mau pembesaran lele sangkuriang saya sarankan menggunakan kolam terpal karena biaya lebih murah dan efisien.
karena pak santoso pemula saya sarankan datang ke kolam saya nanti saya berikan penjelasan mengenai budidaya lele sangkuriang ini agar dalam pelaksaannya tidak banyak kendala dan bisa panen dengan hasil yang bagus.

Buat Pak Bambang di jombang,
semua petani lele ambil langsung benih di kolam, kalo mau mencoba jangan banyak-banyak dulu nanti kalo sudah sukses panen pertama baru yang banyak, saya sarankan juga bapak datang ke kolam saya nanti saya kasih herbal juga penjelasan mengenai pembesaran lele sangkuriang, sekaligus bisa diskusi mengenai segala hal tentang lele sangkuriang.

budi mengatakan...

budi di aceh,,
salam kenal pak,,saya berencana buat kolam terpal untk budidaya lele sangkuriang,untuk wilayah banda aceh dimana ya pak bs saya dapat benihnya?atau saya bs order dr bapak untk dikirim ke banda aceh,,trima kasih pak,,

Heavy guns mengatakan...

Henry, Bendungan Bening 60

Saya malah baru tahu kalo mas taufik ada blog tentang lele... padahal saya sudah beberapa kali berkunjung ke kolam beliau.. Semoga blog ini bisa jadi media komunikasi bagi para peternak lele baik yg sudah expert maupun yg masih pemula khususnya di Malang Raya.., Salam

royhan.baidi mengatakan...

saya Royhan - Malang
Pak saya mau mencoba usaha pembesaran ikan lele di Malang. Untuk prospek pasarnya seperti apa ya Pak?
Semoga kita dapat bertemu and dikusi lebih lanjut.
Sukses buat pembenihan lele bapak.

Taufik mengatakan...

Untuk Mas Henry....
sebenarnya udah lama mas blog ini dibuat, memang saya juga gak ngabari mas henry kalo punya blog soalnya kalo udah sampe dikolam obrolannya fokus di lele jadi gak sempat mgomong lainnya..
thanks atas commentnya,,, ngomong2 gimana lelenya? kolam udah punya 17 ya kata mas yanto...!!!!

Untuk Pak Royhan, maaf baru jawab soalnya laptop saya rusak jadi harus nunggu untuk dapat ganti baru...
Prospek lele dimalang sebenarnya cukup besar tapi harga jual yang masih rendah dikarenakan permainan tengkulak, untuk malang tengkulak ambil di kolam harga antara Rp,9500 sd Rp. 10.000,- apabila kita pake pakan full pelet keuntungannnya kecil karena harga pakan mahal.
kalo bapak ada waktu silahkan mampir ke kolam saya.

Anonim mengatakan...

Saya Indra di Purwosari,
saya mau tanya pak taufik, sebelumnya saya beli benih lele sangkuriang di lawang 5000 ekor selang 3 hari setelah saya masukkan benih ternyata banyak yang mati dan itu berlangsung setiap hari kadang2 20 ekor/hari total yang mati sebanyak +- 1.200 ekor. setelah panen dari sisa benih yang ada ternyata hasilnya cuma 1,2 kwintal. kenapa hasil saya sedikit pak dan kenapa juga banyak mati setelah saya masukkan benihnya..????? tolong masukannya pak agar selanjutnya tidak terjadi lagi kematian yang besar sehingga bisa didapat hasil yang maksimal. terima kasih sebelumnya.

Taufik mengatakan...

Buat Pak Indra,
sebelumnya salam kenal dulu,setelah membaca uraian bapak saya bisa sampaikan bahwa kematian yang terjadi bisa disebabkan karena kondisi air yang tidak bagus, yaitu suhu dan PH air tidak sesuai dengan kebutuhan lele sehingga lele tidak akan bisa hidup di kolam bapak.
hasil panen yang tidaksesuai jika dibandingkan dengan sisa benih yang ada bisa disebabkan al :
1. kematian lele yang sebenarnya lebih dari 1200 ekor.
2. Ukuran benih yang dibeli tidak sama atau ukuran lele bervariasi sehingga mengakibatkan banyak lele yang dimakan (kanibal) lele lainnya dikarenakan perbedaan ukuran benih yang ada. untuk hal ini silahkan tanya kepada penjual benihnya.

oleh karena itu saran bagi petani lele, jangan langsung terima bibit yang dibeli karena kita harus jeli apakah benih yang diterima ukurannya sama sesuai baskom sortir atau ukurannya campur dari beberapa ukuran, kalo itu terjadi maka kanibal yang terjadi akan besar.
untuk menyetabilkan PH dan suhu saya ada cara khusus dengan sistem pengomposan, demikian penjelasan saya apabila ada yang belum mengerti silahkan datang ke tempat saya,terima kasih.

Anonim mengatakan...

Andi-SINGOSARI

Pak, saya mau beli herbalnya berapa harganya??? kabari secepatnya...!!!!

Taufik mengatakan...

Untuk Mas Andi,
saya tidak menjual herbal untul lele karena itu adalah paket untuk pembelian benih, jadi siapa saja yang membeli benih ke saya akan mendapatkan herbal sesuai kebutuhan kolamnya.

demikian informasi dari saya, thanks.

Anonim mengatakan...

Salam Kenal P'Taufik
Sya IFA di Tanggerang.klo beli bibt lele minim berpa n harga bisa nego g? n kira2 punya link tengkulak di daerah tanggerangg ?untuk pemasaran disni masih lum ada.mungkin bapak punya refrensi tengkulak. terimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Feri-Batu

Salam kenal pak, sebelumnya saya tau dari teman bahwa pak taufik menjual benih sangkuriang dan terus mengajari untuk pembesaran lele sangkuriang, sekiranya saya mau belajar apa bapak ada waktu dan berapa biaya yang diperlukan untuk kursus tersebut, tolong informasinya pak.trims.

Taufik mengatakan...

Untuk Mas Andi-singosari

maaf saya tidak menjual herbal, herbal saya berikan cuma2 hanya untuk yang membeli benih karena itu paket dalam pembelian benih. thanks.

Taufik mengatakan...

Untuk Mas Feri di Batu.

Mas kalau mau belajar datang saja ke tempat saya nanti kita bisa diskusi mengenai cara pembesaran lele sangkuriang, untuk waktunya terserah mas feri, tolong saya dikabari saja kapan mau datang agar saya bisa menyesuaikan dengan kerjaan saya.
Mengenai maslah biaya, saya tidak memungut biaya sepeserpun untuk belajar, dengan berbagi ilmu saya saya sudah mendapatkan harta yang tidak ternilai harganya dan juga saya bisa banyak mendapatkan teman. saya tunggu kabarnya. thanks.

Anonim mengatakan...

JACK, BATAM

Salam kenal pak. saya mau tanya berapa harga termasuk kirim ke batam untuk lele bibit ukuran 46, tolong jawabanya pak. trims.

Anonim mengatakan...

Bambang-Jombang.

Assalamualaikum, wr,wb.
pak Taufik, pa kabar ???
pak, lele yang beli di bapak kok cepat besar ya !!!!, setelah saya ikuti saran bapak lele saya sudah besar2 rencananya besok minggu saya panen pak, unurnya sampai dengan sekarang 46 hari dan setelah coba saya timbang ternyata 1 kg ada yang isi 12,10, dan 8 ekor pak.
moga aja hasilnya memuaskan, besok minggu saya kabari pak hasilnya sekalian pesan benih yang ukuran 57, 5000 ekor pak.

wassalamualaikum,wr,wb.

Taufik mengatakan...

Buat Mas Jack di Batam,
maaf baru bisa balas,saat ini harga cargonya mahal sekali mas, maka dari itu saya jarang kirim keluar jawa lagi. saran saya kalo masnya tau cargo pesawat yang murah silahkan infokan kesaya. nanti saya coba contak yang disurabaya. thanks.

Anonim mengatakan...

salam kenal pak, saya anwar dari probolingga.
saya mau tanya kenapa lele saya setelah umur 4 hari di kolam banyak yang mati. untuk informasi saya menggunakan air sumur dan saat diisi benih kolam bnari diisi air selama 4 hari. tolong solusinya pak saolnya sampai sekarang masih banyak yang mati. trims.

Taufik mengatakan...

Salam kenal juga Pak ANWAR.
dalam pembesaran lele sangkuriang harus disiapkan dulu air bersih dengan ketinggian 50 cm setelah itu dilakukan pengomposan dan diherbal selama minimal 8 hari, hari kesembilan baru benih bisa dimasukka ke dalam kolam, dari informasi bapak kemungkinan besar air yang didalam kolam PH dan suhunya belum stabil sehingga benih lele tidak bisa bertahan dikondisi air yang seperti itu, saran saya walaupun sudah terlambat coba saja dilakukan pengomposan dengan kotoran kambing dengan takaran minimal 1,5 kg/m2 kolam masukkan kotoran kambing tersebut dalam karung beras plastik diikat kemudian kaurus tersebut dimasukkan kedalam kolam. apabila masih ada yang belum jelas kontak saya langsung atau datang ketempat saya. thanks.

Anonim mengatakan...

salam sukses gan,,,numpang lapak gan,, bagi rekan di batam kami suplai bibit lele sangkurinag..hub antonwidyanto@yahoo.co.id
thank gan

Anonim mengatakan...

Denis
salam kenal Pak, saya sangat tertarik dan mau budidaya lele... apakah baik jika saya pake kolam 2x3 dengan tebar benih 1000 bibit?! dan kira2 butuh brapa Kg pelet sampai panen jika pake bibit ukuran 4/6..?
mhon saranya!!! Mkch bnyak pk

Taufik mengatakan...

Buat Mas Denis,
untuk ukran kolam 2x3 hanya bisa diisi benih maksimal 750ekor, untuk kebutuhan pakan 750 ekor adalah 781-1 2kg, 781-2 4kg, 781-3, +- 50kg. pemberian pakan minimal 4xsehari, pagi jam 9, siang jam 12, sore jam 3 ato 4, malam jam 7, apabila dilakukan sesuai arahan saya lele sangkuriang akan panen dalam waktu 60hari. thanks.

Anonim mengatakan...

j

Anonim mengatakan...

arif,tulungagung

saya mau nanya alamat pak taufik?kl ada nomer yg bisa dihubungi ato emailnya?
saya tertarik dengan pembesaran lele sangkuriang ini....kira2 prosspek pasarnya bgmn pak?apa ada perbedaan harga antara lele sangkuriang dngn lele jenis lain?
kemudian seandainya saya budidaya ikan ini proses penjualannya bgmn?apa kembali lg ke bpk?

mohon infonya pak ini email saya arif_suryo@yahoo.co.id
trimash

Anonim mengatakan...

pak taufik saya Lukman Tulungagung... mau tanya pak... apakah bapak juga menyediakan indukan lele sangkuriang?

Anonim mengatakan...

Tommy
selamat sore pak Taufik,salam kenal
saya mau tanya apakah kotoran kambing yg di gunakan untuk persiapan kolam sebelum tebar benih..kotoran yg sudah melalu proses?misalkan pengeringan/pemasakan?terimakasih

Taufik mengatakan...

Buat Mas ARIF-Tulungagung

Maaf sebelumnya karena baru balas soalnya banyak kesibukan hingga belum sempat balas hingga 2 mingguan ini, untuk prospek pasar semua tergantung tengkulak oleh karena itu petani binaan saya, saya sarankan untuk tidak menjual ke tengkulak soalnya harganya tidak pernah bagus yang akan mengakibatkan kerugian. petani saya semua berusaha untuk menjual sendiri ke konsumen dengan harga minimal 11 rb. untuk harga pun semua tergantung tengkulak akan tetapi kalo bisa jual sendiri akan lebih menguntungkan, sebagai contoh untuk 1000 ekor lele dengan pakan full pelet apabila dijual ke tengkulak untuk daerah tulungagung maksimal dihargai rb,9000,- sehingga didapatkan keuntungan 50 rb saja, apabila dijual sendiri dengan harga 11.000,; akian didapatkan keuntungan kurang lebih 250.000,- per 1000 ekor. untuk saat ini saya belum bisa mengambil hasil dari para petani lele. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat mas Lukman, Tulungagung.

untuk indukan harga 2 jt untuk 1 paket isi 16 ekor, betina 11 ekor,jantan 5 ekor. kondisi indukan sudah siap mijah. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat mas Tommy.

Salam Kenal juga mas, untuk kotoran kambing yang digunakan adalah yang masih basah (baru) karena yang dibutuhkan bukan kotorannya tapi zat organik yang ada di kotoran kambing sehingga setelah di kompos kotoran kambingnya masih bisa dipake untuk pupuk. thanks. kalo ada yang belum jelas bisa SMS ke hp saya. thnaks.

Anonim mengatakan...

Saya mau beli yg ukuran 46 kira2 1000. pelet apa yg cocok? bila lele bertambah besar apakah harus diganti peletnya? saya punya kolam semen ukuran 2 x 4 meter. kalau utk pembesaran, apakah cukup 1 kolam saja? makasih, Hary

Taufik mengatakan...

Buat Mas Hary,
salam kenal, untuk benih ukuran 46 sudah bisa menggunakan pelet 781-1, samakin besar pertumbuhan badan lele pastinya akan juga berpengaruh terhadap jenis pakan jadi tidak hanya satu type ukuran pakan akan tetapi ada 3 macam yang akan diberikan sampai lele tersebut siap dijual,adapun jenis pakanya yaitu 781-1, 781-2, 781-3.
Untuk pembesaran ya tergantung mas hary mau membuat kolam berapa tergantung kemanpuan masing2. thanks.

Sony Wahyu mengatakan...

kalo ternah di drem bisag g'??
trus untuk bikin tempak ternak dg drem bagai mana caranya??

faqih13 mengatakan...

pak saya faqih ,,kemarin saya tebar benih 2000 ekor ukuranya sejari kelingking,.tpi dapat 2 hari ada 70an ikan yang mati,,,dan ikan yang mati itu dimakan sama ikan2 yang hidup..

saya pake kolam terpal ukuran 2x5 trus airnya kmrin tidak saya tambahkan apapa,,,cuma saya diamkan 8 hari saja trus saya tebar benih..

saya mahasiswa brawijaya ini bru prtma kali ternak lele,,kalau bapak mengijinkan saya bisa belajar ditempatnya bapak

InV /Indonesia Victory mengatakan...

suatu saat ingin ternak lele,untuk pemula apa harus belajar pembibitan apa pembesaran ya..trimakasih mas Taufik

Taufik mengatakan...

Untuk Mas Faqih,
menurut saya lelenya akan banyak mati terus tiap hari dikarenakan pH air dan suhu air belum sesuai dengan kebutuhan lelenya dan juga apabila ditempat saya hanya menganjurkan untuk 2x5 hanya bisa diisi 1000 ekor bukan 2000 ekor. tempat saya terbuka bagi siapa saya yang mau belajar, kabari dulu kalo mau ketempat saya 1 hari sebelumnya bisa lewat sms aja. thx.

Taufik mengatakan...

Untuk InV/Indonesia Victory,
untuk pemula saya sarankan pembesaran dulu dikarenakan dalam pembesaran tidak terlalu banyak resiko yang dihadapi setelah mahir dalam pembesaran barulah mulai untuk pembenihan. Thx.

ferry mengatakan...

pak saya ferry .sumbermanjing
allhamdulillah bibit lele dari bpk gak ada yg mati .bulan depen mungkin sudah bisa saya panen .

Taufik mengatakan...

Mas Ferry,
sukurlah mas moga aja sehat sampai panen dan panennya melimpah, ha...ha...ha...
wah, waktunya bagus amat bulan depan kan mendekati hariraya harganya pasti mahal-mahalnya, oke deh sukses buat mas ferry dan semoga jadi juragan lele di sumbermanjing wetan. thx juga atas infonya.

Anonim mengatakan...

Saya andi di Singosari (dewa.dewo@ymail.com)
Kalau beli bibit kan dikasih herbal, menggunakan herbalnya bersamaan dengan menebar benih atau bagaimana ?
apakah ada di wilayah malang yang jual pakan pelet tenggelam ?

Anonim mengatakan...

Salam satu jiwa
Sam, kenapa gak dikasih denah/peta ?
biar gampang carinya n gak kesasar

Taufik mengatakan...

Buat Andy-singosari.

herbal adalah paket untuk pembelian benih, herbal diambil 2 minggu sebelum tebar benih jadi selama 2 minggu itu kita perlu perawatan air dulu yaitu pengomposan dan herbal jadi herbal diberikan di awal setelah diisi air 50 cm.

pelet tenggelam adanya di blitar. maksih.

Taufik mengatakan...

SALAM SATU JIWA,

oke mas, makasih atas masukannya.. segera saya buatkan denah ato petanya.

Anonim mengatakan...

salam sukses
saya mau tanya, kalau sudah dikasih herbal sebelum bibit lele ditebar..... apa masih perlu pakan dicampur probiotik ?
trima kasih

Taufik mengatakan...

herbal hampir sama fungsinya dengan prebiotik, tapi kalo mau dicampur dimakanan saya rasa tidak ada masalah dan sepertinya akan lebih bagus untuk benih lele. thx.

Koko mengatakan...

Salam kenal Mas Taufik
Saya pemula, ada sedikit pertanyaan dari saya :
1. Apakah proses sortir benih masih dilakukan jika jadwal pemberian pakan & jenis pakan sesuai dengan yg Mas Taufik sarankan
2. Bagaimana teknik pemberian pakan (terutama benih) saat hari hujan (anggap hujan berlangsung seharian) agar benih tidak sakit.
3. Apakah kita dapat menggunakan pakan yang kualitas rendah / harga murah tapi kita campurkan prebiotik kedalam pelet untuk menghasilkan hasil panen yang sama jika menggunakan pelet yang Mas rekomendasikan(kode 781)?
4. Apakah perlu benih lele direndam dl kedalam cairan BW (anti stres) sebelum ditebar dikolam jika benih dikirim dengan jarak yang jauh.
Maaf Mas banyak nanya nih,
Terimakasih sebelumnya -Koko-

Taufik mengatakan...

Buat Mas KOKO,

1. untuk benih awal tebar dengan ukuran 46 tidak perlu dilakukan penyortiran lagi walaupun saat panen tidak akan pernah bisa didapat ukuran yang sama, biasanya penyotiran dilakukan pada budidaya pembesaran dimaksudkan agar tidak terjadi kanibal, apabila tebar benih ukuran 46 tidak perlu lagi dilakukan penyortiran karena tidak akan kanibal dengan sarat ukuran 46 yang dibeli benar2 ukuran bak sortir 46, kanibal akan terjadi apabila bibit yang kita beli ternyata ukurannya tidak 46 semua melainkan dicampur dengan benih yang ukurannya lebih kecil dari ukuran tersebut sedangkan kita membri pakan benih 46 dengan pakan ukuran 46 yaitu 781-1 sehingga benih yang dibawah 46 tidak bisa makan pakan tersebut, untuk lele sangkuriang biasanya kalau hal itu terjadi dalam 3 minggu sudah mulai terjadi proses kanibal dan juga kalo pembesaran lele disarankan untuk tidak menyortir dikarenakan lele akan stres sehingga mengganggu proses pertumbuhannya.
2. pada saat musim hujan ataupun hujan seharian benih lele tidak perlu dikasih makan dikarenakan apabula diberi makan pada saat hujan akan mengakibatkan lele tersebut akan sakit terutama kembung yang disebabkan masuknya asam dari air hujan kedalam saluran pencernaan lele, lele akan tetap hidup walaupun tidak makan seharian dikarenakan masih punya pakan alamai yaitu plankton yang ada dalam air kolam tersebut.
3.Tidak bisa dikarenakan pakan yang murah tersebut kadar proteinnya sangat kecil walaupun di campurkan prebiotik tidak akan bisa menghasilkan panen yang sama dengan penggunakan pelet 781 malah akan menjadikan kolam kita sarang penyakit terutama meningkatnya kadar amoniak akibat pakan yang tidak dimakan.
4.kalo menurut saya tidak perlu, yang perlu diperhatikan adalah waktu tebar benihnya yang baik adalah pagi hari, sore atau malam, dan hal lain yang perlu diperhatikan adalah kesiapan kolam diantaranya tersedianya plankton dalam kolam yang akan ditebar benih, suhu air dan pH air yang sesuai dengan kebutuhan benih tersebut. apabila kolam yang akan ditebar benih sudah siap semuanya yang dibutuhkan lele tetap akan sehat akan tetapi walaupun sudah direndam dalam cairan BW akan tetapi kolam yang akan dipergunakan tidak sesuai dengan kebutuhan benih maka setelah dimasukkan akan tetap stress dan resikonya lele akan banyak yang mati.
demikian penjelasan dari saya semoga bermanfaat. thanks.

Koko mengatakan...

Mas Taufik mau tanya lagi..
1. Utk pembuatan kolam mas Taufik pakai terpal jenis apa, apakah ada kode utk menyatakan ketebalan terpal. Mas Taufik menyarankan pakai terpal jenis/kode yang mana?
2. Apakah ada resiko kematian saat tebar benih jika kita membeli benih lele yang dibesarkan di kolam tanah & berada di tepi pantai. Sementara saya mau melakukan pembesaran dikolam terpal & jauh dari pantai.
3. Apakah bisa kotoran kambing digantikan dengan kotoran hewan lain pada proses pengomposan kolam?
Terimakasih jawabanya mas

Koko mengatakan...

Menurut sumber yang sering saya temui jenis pakan dari benih lele s/d panen adalah sbb
781-1, 781-2, 781-3 -->(CPP).
Tapi didaerah saya hanya tersedia jenis sbb
781-2, 781, 782 -->(CPP)
Kata penjualnya sama sj bisa utk benih ukuran 4-6
Apa benar hal diatas? Mohon pencerahannya mas Taufik.Terimakasih

Ibrahim Firdaus mengatakan...

Semoga semua petani lele medapatkan panen yang memuaskan dan Barokah, dan untuk Kang Taufik yg tlh mencurahkan seluruh tenaga & pikirannya untuk petani lele pemula, semoga beliau dan keluarganya selalu mendapatkan Rahmat yg tak terhingga dari Alloh swt.,aamiin yaa mujiibassailiin...

Taufik mengatakan...

Buat Mas KOKO,
1. untuk jenis terpal bisa dipake sebgala macam yang penting ketebalan terpal. terpal ada bermacam2 ketebalam seperti A3,A5,A8,A12,A15 dll, dalam penggunaanya tergantung jenis kolamnya apabila pakai dinding kolam dari bambu dengan pemasangan bambu rapat tanpa celah bisa dipake terpal yang agak tipis seperti A5 dikarenakan terpal tersebut nantinya tidak menahan beban air akan tetapi hanya sebagai media tempat air akan tetapi apabila pemasangan bambu dindingnya jarang2 harus memakai terpal yang terbal karena berfungsi menahan beban air kolam. apabila kolam tanah juga diperhatikan struktur tanahnya apabila berbatu harus pake terpal yang terbal biar tidak cepat sobek.
2.menurut saya tidak ada masalah karena lele itu mempunyai karaterikstik sendiri, yang perlu diperhatikan adalah pH air kolam (7-8), suhu air(28-32 derajat celcius) dan ketersedian plankton dalam kolam.
3.kotoran kambing untuk saat ini tidak bisa diganti dengan kotoran lainnya, masalahnya dalam proses pengomposan tidak diperlukan kotorannya akan tetapi zat organik yang ada dikotoran kambing tersebut sehingga nantinya bisa dipakai untuk menumbuhkan plankton, menyetabilkan pH air dll.
4. untuk pakan tersebut tidak sama, 781-2 bisa dipakai setelah 781-1, 781 polos biasanya banyak dipake untuk indukan begitu juga dengan 782 dipake untuk pakan indukan, apabila tidak ada coba pake punya pakan product matahari sakti (LP1, LP2 dll).

Taufik mengatakan...

Buat Mas Ibrahim,
terima kasih atas doanya, semoga kita semua mendapatkan Rahmat dan Ridho Nya... amin.

Taufik mengatakan...

Buat mas KOKO,
maaf ada sedikit tambahan, untuk membentuk pH air bisa dilakukan dengan memberikan urea dan untuk menumbuhkan planktop bisa dilakukan dengan memberi planktop yang banyak dijual ditempat agen pakan ataupun toko ikan hias, akan tetapi karena basic sistem budidaya kami berorientasi organik maka saya tidak menyarankan untuk menggunakan bahan kimia apapun,thanks.

Koko mengatakan...

Terimakasih banyak jawabnnya Mas Taufik..
Seperti yangp ernah diskusikan, parameter yang perlu diperhatikan dalam pembesaran lele sangkuriang meliputi:
1. Ketersediaan pakan alami -> melakukan pengomposan dg kotoran kambing
2. Menstabilkan PH air -> melakukan pengomposan dg kotoran kambing
3. Temperatur -> Dpt dikendalikan dgn modifikasi bentuk kolam
Jadi ramuan khusus/herbal sendiri fungsinya untuk apa ya mas?
Saya sebenarnya ingin membeli benih malalui Mas Taufik namun krn jarak yg jauh akan menjadi tidak efisien, otomatis saya tidak bisa mendapatkan herbal yg dimaksud.
Jika berkenan bisa tidak ya, saya beli herbalnya sj mas? Jika tidak apakah ada cara lain utk menggantikan fungsi herbalnya mas Taufik?
Terimakasih-Koko (Batam)

Anonim mengatakan...

Salam sukses pak taufik..
Saya sdah masukan bi2t ke kolam minggu kmaren..sepertinya sampai hari ni tidak ada gangguan lele yg mati..mdah2han terus bgtu smpai panen.
Sukses pak..
Vier..

Anonim mengatakan...

yoyok di Singosari ....
Untuk pemberian pakan dalam usaha pembesaran lele, setelah 781-1. 781-2. 781-3.
Apakah bisa menggunakan pelet tenggelam yang proteinnya 17 % ?
Agar setelah panen tidak rugi atau pas-pasan.

Taufik mengatakan...

Buat Mas KOKO,
Maaf sebelumnya baru bisa jawab soalnya modem saya lg trouble.
Tujuan Pemberian Herbal :
- Menetralisir air dari kandungan kimia yang berbahaya.
- Menyeimbangkan suhu dan pH air.
- Menangkal penyakit yang mengancam kesehatan lele.
- Agar air kolam tidak berbau.
jadi temperatur yang anda maksud diatas dengan memodifikasi kolam saya tidak bisa berkomentar, karena untuk saya suhu bisa distabilkan hanya dengan pemberian herbal.
Saya ada teman di medan, saya rasa lebih dekat daripada ke malang coba mas Koko dicontact, an SOFYAN no.HP. 085297375782. dimedan dia pembenihan juga moga aja ada stok bibit selakian dapat herbalnya. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat mas VIER,
sukurlah mas, semoga sukses sampai panen yang penting pemberian pakan jangan berlebihan agar amoniak dalam air tidak terlalu banyak.

Buat Mas Yoyok,
seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya pakan wajib adalah 30kg selanjutnya bisa menggunakan pakan tenggelam yang harganya lebih murah akan tetapi kalo proteinnya hanya 17% pertumbuhannya akan lama dan pakan tersebut kemungkinan tidak akan dimakan oleh lele karena menurut saya pakan jenis tersebut adalah pakan dengan kwalitas rendah. kalo mas yoyok tetap memaksakan dengan pakan tersebut waktu panen akan lebih lama dan pakan yang dihabiskan akan lebih lama. pakailah pakan tenggelam merk Shinta untuk saat ini hanya ada diblitar. thanks.

air mengatakan...

salam sukses lele sangkuriang
Mas Taufik, mohon informasi tentang pakan tenggelam merk Sinta yang hanya ada di Blitar. Di Blitar mana n harga persaknya berapa ?
Kenapa mas Taufik tidak sekalian menyediakan bibit lele sangkuriang dan juga pakan 781 seerta pakan tenggelam merk Sinta. Seperti yang ada di Surabaya, menyediakan bibit lele beserta macam2 pakan.

Dimas Okta mengatakan...

om saya mau belajar lebih dalam tentang beternak lele,apakah boleh dan kapan bisa memulai.

trims

Taufik mengatakan...

Buat mas AIR,
untuk pakan shinta ada didaerah talun tepatnya pasar talun setelah perempatan kurang lebih 50 meter setelah perempatan untuk nama tokonya saya lupa, itu satu2nya toko pakan ditalun. untuk harga pakan ditempat adalah Rp. 300 rbu isi 50kg.
untuk pakan saya kadang2 menyediakan juga tetapi tidak kontinyu tapi bisanya paling banyak petani lele pesan kesaya untuk dibelikan pakan baru saya siapkan. untuk yang merk shinta jarang ada permintaan makanya saya tidak punya stok... untuk yang merk shinta akanj saya coba menyediakan, terimakasih atas masukannya.

Taufik mengatakan...

Buat Mas Dimas,
kapan saja bisa tinggal hubungi saya janjian kapan tapi untuk hari sabtu dan minggu ini ataupun minggu depannya saya tidak bisa karena ada keperluan... lain hari tersebut saya bisa. saya tunggu kabar dari mas dimas, thanks.

air mengatakan...

Mas Taufik, .....
Pakan 781-1 781-2 781-3, per saknya berapa ?
Nanti kalau ada yang pesan bibit + pakan, apakah diantar sampai tempat dengan harga tersebut ?
Misalnya pesanan 1.000 ekor bibit(4/6), 781-3 1sak dan SNL 1sak.
Pakan yang tersedia apa saja untuk pembesaran dan harganya berapa ?

air mengatakan...

Mas ....
beri daftar harga seperti dibawah ini, biar temen2 bisa dapat informasi yang lengkap.
http://lelesurabayamadura.blogspot.com/2011/09/harga-pakan-lele-suramadu-september.html

Taufik mengatakan...

buat mas air,

maaf mas, sy baru bisa jawab.
untuk harga pakan saya belum bisa buat listnya akan tetapi harga saya sama dengan distributor pakan di malang yaitu "UD> sumber sarana unggas". bisa dicek di tokonya langsung. untuk bibit saya tidak kirim harga tersebut adalah harga dikolam akan tetapi seandainya saya ada jalur yang kebetulan satau arah pastinya akan saya antarkan. thanks.

bramasta_09 mengatakan...

UD. NABILA LELE

Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
Sistem : Intensif.
Pemijahan : Alami.
Sumber air : Air tanah / sumur.
Kolam : Terpal dan semen
Pakan : Cacing sutra.
Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 17 jam.
Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
Kapasitas pengiriman :
UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
2-2 cm : 15.000.
2-3 cm : 8.000.
3-4 cm : 7.000.
3-5 cm : 5.000.
4-6 cm : 4.000
5-7 cm : 3.000
Induk : 15.
Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta (10 meter selatan Honda AHASS)
Datang….Lihat dan tentukan keputusan yang terbaik bagi anda…..

Catatan :
Cara mempersiapkan air kolam terpal/semen sebelum bibit ditebar :
a) Masukkan air setinggi 20 cm dengan cara dipancurkan
b) Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
c) Diamkan selama 3 hari
d) Tambah volume air sesuai ukuran bibit
e) Masukkan pupuk urea 10 g / m2 atau pupuk organik cair dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
f) Diamkan selama 5 hari sampai air berubah warna bening kehijauan dan bibit siap ditebar.

Anonim mengatakan...

pak Tofik saya liat dikolam pak tofik banyak ikan yang sudah siap jual byk yang mati... bgmn dengan saya yang baru sebagai pemula... saya minta solusi dari pak tofik untuk pengendalian kematian karena pengaruh musim, kondisi air dan pengobatan terhadap bintik putih yang paling efektif dengan metode herbal... tolong penjelasannya karena saya sudah siap 5 kolam yang masing2 berukuran 6x10m dan berminat dengan produk bpk...dari ferry singosari

Taufik mengatakan...

Buat mas ferry,
sebelumnya saya mau tanya dulu buat mas ferry kapan kekolam saya soalnya saya lihat dibuku tamu kok tidak ada nama ferry dari singosari.
saya jelaskan, saya adalah pembenih lele sangkuriang dan adalah wajar kalau ada benih yang mati karena tidak semua akan hidup dan mas ferry bilang banyak itu brp ??? kalao masih 100 ekor dikolam sy itu saya anggap wajar dibandingkan dengan kapasitas produksi yang kapasitas sekali panen bisa sampe 100rbu benih.
untuk mas ferry yang pemula jangan antipati dan harus percaya diri saya tetap akan bimbing seperti lainnya dan saya tetap garansi semua petani yang beli benih kesaya selama 2 minggu dikolam apabila ada yang mati ataupun mati semua akan saya ganti dengan syarat mengikuti aturan saya.
silahkan mas ferry tanya pada petani-petani yang membeli benih disaya apakah garansi saya benar2 saya terapkan atau tidak... silahkan anda tanya dan saya tidak akan memjual benih yang sakit karena saya menjaga mutu dan kwalitas.
untuk penjelasan mengenai penyakit dan pencegahannya silahkan datang ketempat saya. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat mas ferry,
tolong baca comment dari teman2 petani yang beli benih di saya semuanya gak ada komplain benih mati malahan mereka sukses sebagai petani pemula hingga panen. thanks.

husni mengatakan...

salam kenal pak,,Saya mau tanya bagaimana gambaran soal budidaya lele di kotabatu yang suhunya cenderung dingin???

Taufik mengatakan...

buat mas husni,
untuk daerah baru saya rasa tidak akan ada perbedaan, untuk masalah kondisi dingin karena faktor cuaca. saya menggunakan herbal yang berfungsi untuk menyetabilkan suhu dalam kolam tetap stabil dimana suhu lele antara 28-32 derajat celsius sehingga walaupun suhu luar extrim nantinya suhu dalam air akan tetap stabil.
Pak indra pemilik villa putri bulan didaerah batu arah ke selecta telah memelihara lele sangkuriang dari saya dan bisa sampai panen, begitu juga petanilainnya yang didaerah Dau, junrejo dll. silahkan mencoba dulu 1000 ekor saja nanti lihat perkembangannya. thanks.

Anonim mengatakan...

Riady-Pagak,

Pak taufik gimana kabarnya.. moga saja baik-baik sekeluarga. terima kasih atas pelajaran dan sarannya yang sangat bermanfaat. skarg benih saya sudah besar pak kurang lebih 15 cm selama 1 minggu dan tidak ada yang mati semoga akan sehat sampai panen, oh iya pak skrg kan musin hujan shg kolam saya airnya bertambah, gimana selanjutnya untuk pengisian airnya ???mohon saran, matur nuwun.

Anonim mengatakan...

Riady-Pagak

maaf pak salah infomasi, 15 cm selama 3minggu. matur nuwun.

Taufik mengatakan...

Buat Mas Riady,

alhamdullilah pal kami sekeluarga semuanya baik2 mas, untuk ukuran 15 cm selama 3 minggu itu sudah bagus berarti jadwal makannya banyak.. ya sukurlah moga saja sukses sampai panen.
untuk airnya apabila sudah sesuai dengan ketinggian air yang diharuskan gak usah ditambah lagi biarkan saya mas.
mas minggu lalu pak santoso malang kekolam dan cerita katanya baru main ketempat mas Riady... katanya disuguhi makan ayam kampung panggang 1 ekor, wah saya ini cuma dapat baunya mas, ya kalo sempat yang dikolam dikirimi juga ha..ha..ha..ha.... bercanda mas, kalo ada rencana ke malang kabari nanti saya ajak ke DAU lihat petani yang lain, thanks.

Anonim mengatakan...

Riady-Pagak,
iya pak, memang pak santoso kerumah...
nanti kalo sy ketempat pak taufik saya bawakan ayam panggang spesial masakan istri saya tapi kalo ayamnya masih ada,ha.ha.ha..oke pak nanti saya kabari kalau mau ketempat pak taufik sekalian bareng teman soalnya ada teman yang mau belajar pembesaran juga walaupun sudah saya ajari tapi tidak mau,maunya langsung belajar sama pak taufik.
salambuat keluarga ya pak, makasih.

Anonim mengatakan...

Rico mau gabung,

pak saya minta info kebtln saya tgl di karang widoro dau, tanya pak untuk pemasaran lele di malang bisa bantu? di daerah saya ada lele konsumsi size 1 14ek sebanyak 2-3 kw

diki mengatakan...

pak saya mau tanya ketika musim hujan seperti sekarang ini lele saya banyak yg mati apa penyebabnya ya pak. mohon maaf saya belum pernah membeli bibit ke bpk. tapi ingin sekedar konsultasi saja. dan apakah jeroan ayam,bebek seperti usus bisa dibuat makanan lele apa tidak, mengingat harga pakan pabrikan saat ini sedang tinggi,karena saya juga punya usaha jual ayam maupun bebek karkas. matur nuwun pak.

Anonim mengatakan...

SAlam kenal mas Taufik,
saya Tulus dari Pakis,..saya tertarik ingin belajar budidaya lele. Apa bisa saya silaturrahim ke tempat mas Taufik? biasanya setiap hari apa bisa dikunjungi mas?

Taufik mengatakan...

Buat mas Rico,
maaf mas rico untuk sementara saya gak bisa bantu soalnya saya hanya bibit dan petani saya semua menjual sendiri lelenya karena kalo jual ke tengkulak tidak akan dapat untung. maaf sekali lagi mas Rico... tapi nantinya kalo ada yang butuh akan saya infokan. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat Mas Diki,
Biasanya kalo masih awal hujan seperti ini kecendrungan pH air tinggi dikarenakan setelah hujan panas matahari kembali terik sehingga pH air akan menjadi tinggi.
untuk semua pakan altennatif yang disebutkan bisa dijadikan pakan, akan tetapi dalam pelaksanaanya harus direbus dulu agar kuman2 penyakit yang ada dalam jeroan tersebut mati dan juga biar makanan tersebut mudah dicerna oleh lele,thanks.

Taufik mengatakan...

Buat mas Tulus,

kalo bisa mas tulus datang hari minggu besok jam 9 pagi, kalo jadi datang tolong kabari saya via sms saja nanti saya tunggu soalnya kalo tidak ada tamu sy akan keliling ke petani lele binaan saya. thanks.

tisna mengatakan...

pak ! bendungan widas niku daerah pundi ! kolam terpal sy sudah siap tinggal beli biit saja !

Taufik mengatakan...

Buat Mas Tisna,

dekat kampus ITN, kecamatan sunbersari dan dekat juga dengan kampus Brawijaya. thanks.

wibowo mengatakan...

mas taufik, saya berencana untuk usaha ternak lele sangkuriang.tapi untuk dasar pengetahuan stersebut tidak punya.yang saya mau tanyakan, untuk konsultasi, datang langsung ke tempat bapak sewaktu-waktu atau gimana?
kemudian, seandainya dalam pemasaran lele tersebut, itu pasar nya bagaimana? di jual sendiri atau sudah ada yang mengambil? terima kasih.

Taufik mengatakan...

Buat Pak Wibowo,

biasanya buat janji dulu pak, soalnya saya tidak tiap hari jaga kolam jadi kalo bapak mau datang kabari dulu jadi nantinya bisa saya tunggu.
kalo petani saya hampir biasanya jual sendiri tapi jangan ketengkulak atau pengepul karena harganya murah tapi kalo jual sendiri harga bisa kita atur. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat pak Wibowo,

biasanya teman2 petani banyak datang hari minggu pak, jam 9 saya sudah dikolam. thanks.

Anonim mengatakan...

Pak saya patani lele dari arjosari malang,saya selama ini beli bibit dari pembibit pokphand mojokerto.slama ini saya berani isi 800/m2..saya ingin tau apa saja kelebihan bibit sangkuriang dan apa kira2 bisa dibuat tebar padat yang biasa saya lakukan?terimakasih

Anonim mengatakan...

Tulus Pakis
Maaf mas Taufik, saya ndak selalu online.juga sering keluar kota, jadi ndak ngerti sudah ditunggu njenengan kemarin.secepatnya saya ke tempat mas Taufik untuk belajar. semoga bisa segera bertemu. sekali lagi mohon maaf.

Taufik mengatakan...

Buat petani lele arjosari malang,

mengenai kapasitas isi kolam bukan masalah berani ataupun tidak berani, itu tergantung petani lele jangankan 800/m2 diisi 2000/m2 pun bisa.... akan tetapi yang jadi masalah apakah lelenya akan bisa berkembang dengan baik. menurut saya kalo kepadatan tinggi maka lele akan sterss sehingga perkembangannya lambat dan juga air kolam akan cepat bau tetapi apabila kolam anda ditengah sawah ya gak jadi masalah yg jadi masalah kalo dekat perumahan. kelebihan lele sangkuriang adalah waktu pembesaran lebih cepat yaitu kurang lebih 2 bulan untuk daerah malang dengan isi +-12ekor/kg dan hasil produksi lebih banyak, kalo masalah padat tebar benih tergantung anda yang pasti perkembangannya akan lbh lambat. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat Pak Tulus,

gak papa pak, yang penting kalo mau ketempat saya kabari sebelumnya dulu, thanks.

Yehezkiel Eka Maulana mengatakan...

salam pak taufik,

saya mau tanya tentang info pengepul atau pembeli lele, soalnya setelah panen sulit sekali jualnya. terima kasih.

Taufik mengatakan...

buat mas Yehezkiel Eka Maulana,

kalo mau info pengepul mas maulana silahkan datang diatas jam 12 malam dipasar gadang, disana sudah banyak pengepul lele tinggal tanya dan negosiasi dengan mereka mengenai harga dan usahakan cari jangan satu pengepul aja lebih banyak lebih bagus biar jadi bahan perbandingan nantinya. thanks.

Anonim mengatakan...

Petani lele arjosari

dari yang sudah saya jalani selama 6 tahun untuk tebar padat bisa tercapai dengan hasil panen yang memuaskan,kolam saya semua ukuran 3x3 dan semua central drain,jumlah 7000 tiap kolam dan tiap panen satu kolamnya bisa mengangkat antara 740-780 kg isi 6-9/kg.kalo saya butuh bibit 40 ribu bisa gak satu ukuran dalam satu indukan?harga bisa turun gak pak karena biasanya ukur 7 untuk jenis lele F-1 pokphand di pare harganya Rp 95 hehehee....terimakasih

Taufik mengatakan...

buat petani arjosari,

kalo saya analisa dari hasil bapak dengan tebarbenih 7000 ekor hasil 740-780kg dgn isi 6-9 maka bisa saya simpulkan sbb:
Tingkat lost kehilangan bibit tinggi yaitu sekitar 18,5%, analisanya rata2 isi per kg adalah 7,5 ekor dan rata2 hasil 760kg. jadi 7,5 ekor/kg X 760 kg hasil= 5700 bibit dari 7000 ekor bibit yang anda tebar yang hidup hanya 5700 ekor sedangkan yang 1300 ekor tidak diketahui kemana. sedangkan untuk lele sangkuriang dengan tebar 7000 ekor akan mendapatkan hasil rata 740kg dengan isi 9-10ekor/kg.
kalo untuk bibit 40rb tidak bisa dengan satu indukan untuk satu ukuran, memang benar telot lele banyak akan tetapi dalam perkembangannya tidak akan pernah sama oleh karena itu tidak ada yang bisa dalam 1 indukan didapatkan ukuran bibit yang sama, kalaupun ada yang ngaku bisa itu pastinya bukan dari 1 indukan.
untuk harga sangkuriang tidak sama dengan harga bibit dari pare karena sangkuriang punya waktu yang lebih cepat dari jenis lele lainnya, yang belum anda infokam berapa lama masa panennya ??? tolong infokan kesaya biar saya juga faham dengan lele anda tebar. thanks.

featurzufa mengatakan...

saya rohim.
semoga blog ini bermanfaat buat orang banyak. termasuk bagi mereka yang budidaya lele.termasuk juga pak taufik,dimudahkan segalanya. saya mau tany pak. saya masih pemula kemarin buat kolam terpal ukuran 7x9. dan tinggi kolam 0.8m.sekarang masih tahap mengisi air pak. yang saya tanyakan.
1.dengan ukuran kolam segitu pak. kira2 berapa benih lele yang harus dimskin.
2. kalau beli dari bapak sistemnya gmna pak, dan harganya jga pak.
3.bapak sering bilang di sharing yang atas2 sebelum di mskin bibit, kolam diberi pupuk kotoran hewan kambing.prosesnya apa cuma itu pak sampek bibit akan dimasukin. trus ada yang bilang harus di kasih garam, itu gimana pak? trimaksih sebelumnya,,,,

Anonim mengatakan...

Petani lele arjosari

terima kasih pak taufik infonya...panen lele saya berkisar 95 hari,kemarin yang bru panen habis pakan 62 sak+PF 1000 5 sak dapat 2319 Kg dari bibit 20rb.kalo saya hitung FCR pakan 0,8 memang kematian agak tinggi karena tebar padat dgn pakan agak sedikit ditekan tapi pakan ada tambahan vitamin dan cairan amino yg diperlukan lele,dari 6 tahun ini FCR selalu bisa masuk 0,8 tp SR rendah.beda dgn kalo pakan agak sedikit di banyakin,SR bisa tinggi tapi FCR 1:1 dgn tingkat kepadatan yg sama.ini info dari saya pak,mudah2an kita bisa bertukar ilmu.terimakasih

Taufik mengatakan...

Buat petani lelearjosari,

Dari pakan yg diberikan memang FCR bisa 0,8% cuma ada kenaikan biaya pakan sedikit....ada yang perlu kita bahas disini yaitu pemberian pakan PF1000, kalo sy baca sebelumnya bapak menggunakan benih 7cm dalam pembesarannya tapi kenapa menggunakan pakan PF1000 sedangkan pakan PF1000 itu digunakan untuk benih dibawah 4cm sepertinya kurang efisien dan tidak tepat sasaran, kalo saya menggunakan benih 7 cm saya akan menggunakan pakan 781-1 2kg/1000 ekornya selanjutnya 781-2 dan 781-3 jadi tidak perlu PF1000.
menurut saya tingkat kematian bibit tidak ada pengaruhnya dengan pemberian pakan, pemberian pakan yang efisien dan tepat sasaran tidak akan menggangu ketahanan hidup lele, untuk budidaya lele sangkuriang akan selalu didapat FCR 0,8% dengan waktu panen untuk daerah malang +- 60 hari. sebagai contoh kalo saya tebar 1000 ekor dengan pakan 1kwintal akan mendapatkan hasil lele konsumsi minimal 1,2 kwintal maksimal 1,4 kwintal.
sebenarnya hasil bapaksudah bagus sekarang tinggal bagaimana caranya mengurangi tingkat kematian bibit agar bisa lebih ditekan sehingga akan didapat hasil yang lebih lagi dari yg sudah dicapai, maaf kalo boleh tau nama bapak siapa dan dimana alamatnya ??? soalnya ada pepatah tak kenal maka tak sayang..... siapa tau saya bisa mampir ketempat bapak dan sekalian tukar pikiran secara langsung, thanks.

Taufik mengatakan...

buat mas rohim,

untuk kolam dengan ukuran 7x9 untuk tahap awal bisa diisi dengan kapasitas 10 ribu ekor. untuk pengomposan sama yang sy dutarakan sebelumnya cuma untuk proses herbal mas rohim harus datang ketempat saya untuk ambil herbalnya dan gratis tidak dijual....thanks.

Anonim mengatakan...

Assalammualakum Wr. Wb.

salam kenal mas Taufik.. :P
sya Arie, Sidoarjo
Insya Allah, nanti sya main2 ke tempatnya mas Taufik.. ada waktu kan, mas?

Wassalammualaikum Wr. Wb.

Anonim mengatakan...

Salam Kenal Mas Taufik,

untuk pembelian benih minimalnya brp ekor ? apa bs kirim luar kota utk pembelian minimal ?
Trims
Agus.
Surabaya

Taufik mengatakan...

Buat Mas Arie,
untuk minggu ini bisa datang hari minggu tanggal 8 januari 2012 jam 09.00,-,thanks.

Taufik mengatakan...

Buat mas Agus - Surabaya,

salam kenl juga mas, kalo ambil dikolam tidak ada minimal order akan tetapi kalo minta dikirim minimal 10ribu, thanks.

bayu firman mengatakan...

salam kenal mas sebelumnya, saya mau tanya kalo kita pelihara lele ukuran 4x6 sejumlah 1200 ekor itu pakannya dikasi apa aja dan jumlahnya masing2 berapa kilogram

go away mengatakan...

assalamu'alaikum, salam kenal mas taufik di malang
sy petani lele di gresik, selama ini saya pake kolam tanah dg luas lahan yang tak seberapa (6x6mtr) tapi alhamdulilah sejauh ini lancar lancar saja,
dengan tebar 7000 ekor uk 2-3 masa panen antara 70-80 hari, 620 kg lele uk 11-12/kg, total pakan pelet 480 kg sampe panen, selama inisaya ambil bibit dari pare kediri,
saya tertarik dengan blog mas taufik yang edukatif, kapan kapan saya pengen mampir ke kolam mas taufik di malang skalian belajar lele sangkuriang.saya pengen coba lele sangkuriang di kolam tanah(karena dh tersedia dan tak perlu modal lagi), karena menurut hemat saya lele sangkuriang katanya lebih tahan penyakit dan cuaca dr pd lele dumbo jadi logikanya lebih tahan pula dikolam tanah.
wass. thanks

HELMI uyaimub mengatakan...

Ass...semoga P.Taufiq & keluarga slalu mendapatkan hidayah, dan untuk para petani lele binaan bapak termasuk saya slalu mendapatkan taufik hidayah serta panen yang melimpah... amin
pak.yang kmren saya ambil benih tgl 7/1/12 jumlah 2rb alhamd..tdk ada yg mati .saya mau psan lagi untuk tgl 15/1/12 jmlahnya 2rb jurigennya tak kembalikan saat saya ambil benih ya...trims

Taufik mengatakan...

Buat Mas Bayu Firman,

untuk bibit 46 isi 1200 bibit membutuhkan pakan 7681-1 4kg, 781-2 6kg, 781-3 27kg, itu untuk tahap pertama yang wajib diberikan pada lele tersebut untuk selanjutnya bisa menggunakan pakan alternatif tetapi apabila pakan alternatif tersebut tidak b isa didapat silahkan lanjutkna dengan 781-3 sebanyak +- 50 kg. kalo untuk analisa pakan lele sangkuriang adalah kalo habis pakan 100kg akan dapat hasil 120kg sd 140kg. thanks.

Taufik mengatakan...

Buat Mas GO AWAY di gresik,

Waalaikum salam wrwb, salam kenal juga mas, dari yang diutarakan diatas sy anggap hasil sudah sangat bagus dengan FCR 0,8 yang mana biasanya FCR 0,8 jarang bisa didapat oleh petani lewle dumbo akan tetapi anda bisa mencapai itu adalah sangat bagus menurut saya dan juga dengan bibit 2-3 bisa dicapai dengan dalam kurun waktu 70-80 hari adalah sangat cepat... teruskan mas biar bisa menjadi contoh yang bagi petani lele lainnya.
kalo ingin main ketempat saya dipersilahkan mas ,kabari dulu sebelumnnya biar saya tunggu soalnya kalo saya tidak ada janji dengan orang biasanya saya pergi keteman@ petani lele lainnya. biasanya teman2 petani datang hari minggu pagi sekitar jam 9, tapi kalo masnya bisanya diluar itu tidak apa2 yang penting kabari dulu. tnahks.

Taufik mengatakan...

Buat Pak Helmy,

Waalaikum salam wr, wb. terima kasih atas doanya pak, sukurlah pak semoga sukses selalu.... untuk tanggal 15 insyaallah ada pak nanti pastinya saya kabari tanggal 13 nya. salam buat keluarga dirumah pak Helmy, thnaks.

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum mas Taufik

Lele sangkuriang saya sudah 2,5 bulan... mau saya panen neh mas jum'at ini. Dan numpang jualan ya ....biar saya ecer saja.
yang berminat 14/kg, di Gondang - Randuagung.
7356753.
Terima kasih sebelumnya mas Taufik, nanti kalau sudah habis ... baru saya pesen bibitnya lagi.

Anonim mengatakan...

Waah, ternyata usaha leleku rugi 500rb...........
bibit 2000 = Rp.300.000,-
pakan 781-1 sebanyak 6kg @Rp.8.000,- = Rp. 32.000,-
pakan 781-2 sebanyak 1sak @rp.220.000,- =Rp.220.000,-
pakan 781-3 sebanual 6sak @rp.217.000,- =Rp.1.302.000,-
Total bibit dan pakan Rp. 1.854.000,-
Panen lele konsumsi 140kg @rp.9.500,=Rp.1.330.000,- (bakul, dan timbangan bakul juga curang. tiap timbang -10Kg)
Sebelum anda melakukan usaha ini, lebih baik anda cari informasi yang detail dan pasti kemana memasarkan hasil panen lele tersebut. Sebab setelah lele dipanen, jika tak langsung habis terjual pasti tiap hari akan ada lele yang mati.
Dan kepada temen2 yg sudah menjalankan usaha ini, alangkah baiknya jika disini kita share bakul yang biasa menerima hasil panen lele. Nama dan nomor teleponnya, beserta kekurangan dan kelebihannya.
Ngak percaya ......... silahkan dicoba.

Taufik mengatakan...

Buat ANOMIN.....

saya mohon apabila memberikan saran, coment ataupun lainnya tolong sertakan nama dan kalau bisa sekalian nomor telponya biar nantinya kita dapat jauh lebih mengenal....
untuk bapak yang ini, saya akan memberikan evaluasi sbb:
1. kalo menurut aturan saya cara pemberian pakan bapak salah untuk 781-2, untuk 2000 ekor hanya mrmbutuhkan pakan 10kg, kalo dipaksa dengan lebih banyak akan menggangu perkembangan lele.
2. pakan yang diberikan terlalu berlebihan, untuk hasil 140kg lele konsumsi hanya membutuhkan pakan total maksimal antara 100 s/d 120kg dan kalo saya hitung pakan yang bapak berikan sebanyak 216kg, dengan pakan sebanyak itu kalo benar2 diberikan ke lele akan menghasilkan lele konsumsi +- 240kg.
dengan pakan yang berlebih ini kemungkinan aplikasi bapak yang salah dalam pemberian pakan.
3. karena tengkulak juga curang maka resiko kehilangan lelepun besar sehingga hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Untuk petani yang saya bina sebelumnya saya minta untuk tidak menjual ketengkulak, pasar untuk lele itu besar sekali salah satunya adalah tukang sayur baik yang pake motor ataupun yang mangkal diperempatan jalan, itu adalah pasar yang paling besar akan tetapi kita jualnya memang tidak bisa langsung habis (ngecer) akan tetapi hasilnya lebih memuaskan.... seandainya kita jual ngecer Rp.11.000,/kg akan menghasilkan keuntungan +- 40%, silahkan bapak datang ketempat saya nanti saya tunjukkan kebeberapa petani yang sukses dengan menjual ngecer ataupun ke tengkulak.
4. untuk komentar bapak yang menyampaikan bahwa lele jika tidak langsung habis akan mati menurut saya itu salah besar beberapa petani saya menjula dengan ngecer akan tetapi selama 2minggu tetap tidak ada yang mati, saya tidak tahu cara bapak memanen...!!! biasanya yang banyak mati dikarenakan semua air dalam kolam dibuang dan sisa lele yang masih ada diganti dengan air baru itu yang akan menyebabkan kematian akan tetapi kalo airnya masih ada tidak mungkin mati, kalo tidak percaya datang ketempat saya nanti saya antar ketempat petani lele yang jualnya ngecer.

saya akan memberikan analisa usaha untuk lele yang bapak pelihara :
untuk pakan 100kg akan menghasilkan lele konsumsi +- 120kg, kalo dengan bibit 2000 mengasilkan lele konsumsi 140kg makan pakan yang dibutuhkan +-12okg.
120kg x Rp. 8000(sy pakai harga eceran)= rp. 960.000
bibit rp. 300.000
total rp.1260.000, hasil jual lele 1.330.000 sisa keuntungan rp. 70.000, dari analisa ini msh ada keuntungan, semua analisa diatas saya pake asumsi yang paling tinggi apalagi kalo asumsinya saya buat standart makan keunntungannya akan lebih.
itulah dari saya, thanks.

Anonim mengatakan...

Salam kenal Bapak Taufik.
Pagi ini saya kekolam Anda, tapi mungkin Anda ada kesibulan diluar, ok selamat beraktifitas.
Tadi sebenarnya mau konsultasi sambil berniat order benih Pak. Kapan ya saya bisa ketemu Anda?
Ma'af bila ada waktu tolong diinfokan ke e-mail saya : www.goodtolamsy@gmail.com
Terima-kasih

Anonim mengatakan...

Salam kenal Bapak Taufik.
Pagi ini saya kekolam Anda, tapi mungkin Anda ada kesibukan diluar, ok selamat beraktifitas.
Tadi sebenarnya mau konsultasi sambil berniat order benih Pak. Kapan ya saya bisa ketemu Anda?
Ma'af bila ada waktu tolong diinfokan ke e-mail saya : www.goodtolamsy@gmail.com
Terima-kasih

Taufik mengatakan...

Maaf pak, sy diluar kota.. kalo mau datang konfirmasi dulu soalnya sy tidak setiap saat berada dikolam, thanks.

daniel mengatakan...

pak Taufik, tolong infonya untuk bahan dan cara pembuatan kolam terpal serta ketahanannya sampai berapa lama?

Taufik mengatakan...

Buat mas daniel,

untuk pembuatan kolam terpal hanya membutuhkan bambu sebagai kolamnya dan terpal untuk media menampung airnya, untuk detailnya mas daniel bisa lihat kolam saya yang menggunakan bambu karena kalo dijelaskan disini agak susah. untuk ketahanan kolam bambu selama 1tahun masih kuat itu juga tergantung teknik pembuatannya dan untuk terpal ketahanannya tergantung ketebalan terpal, thanks.

Anonim mengatakan...

BUDI,

Pak Taufik, terima kasih atas bimbingannya sampai sekarang lele saya sehat semua semoga nantinya sampai panen akan selalu sehat, saudara saya dari rembang juga mau bididaya lele sangkuriang oleh karena itu saya sarankan agar datang ke pak taufik biar puas penjelasannya karena saya kan masih pemula pak, kalo nantinya mau ke tempat bapak saya kabari dulu pak.
itu saja dari saya dan salam buat keluarega dirumah. trims.

Indra Cahya mengatakan...

Salam kenal pak,
sy ingin ketempat bapak untuk belajar budidaya lele sangkuriang mungkin minggu depan, saya bisa hari minggu pak..apakah bapak ada waktu ???? tolong jawabannya pak, terimakasih.

sutiono-malang mengatakan...

sutiono malang..
mas mohon bantuan dan bimbingannya,saya pemula mau mencoba budidaya lele..saya sudah menyiapkan kolamnya dari terpal.kira2 kapan saya bisa ke tempat mas taufik.sekalian saya mau beli bibitnya.thx

sutiono-malang mengatakan...

mas taufik..klo mau beli bak sortir di daerah malang dimana mas..matur suwun

Taufik mengatakan...

maaf baru jawab,

syukurlah mas moga aja sehat sampe panen, kalo mau ketempat sy kabari ya mas atau langsung minggu jam 9. salam juga untuk keluarga, amin.... thnaks.

Taufik mengatakan...

buat mas sutiono,

datang aja hari minggu jam 9.00, jangan beli bibit dulu yang penting datang kita diskusi baru nanti tebar benih. thnaks.

Taufik mengatakan...

untuk bak sortir setau saya dulu dimalang gak ada, sy aja beli disurabaya, sidoarjo, blitar, pare, jombang... maaf banyak tempat belinya soalnya kadang tiap toko tidak lengkap. thanks.

Taufik mengatakan...

buat mas Indra,

datang hari minggu mas jam 9.00. pagi jangan molor soalnya nanti ketinggalan materi dan saya tidak akan mengulang karena buang2 waktu. thanks.

adika setia mengatakan...

selamat siang pak taufik, saya peternak pemula mau tanya tempat distributor pakan lele di malang kota dimana ya? karena beli di penjual harganya mahal selisih 15-20rb.... trimakasih banyak

Taufik mengatakan...

Buat Mas Andika,
maaf baru balas, distributuor dimalang ada di jalan Gatot Subroto (UD. Sumber Sarana Unggas) tapi sy lupa nomornya, ancer2nya adalah jembatan brantas (perempatan boldy) keselatan +-20meter kiri jalan setelah SEGA dan sebelum dealer yamaha SMS, thanks.

Anonim mengatakan...

assalamualaikum wr, wb
mau nanya ni mas, gimana caranya ngatasi air yang mudah berbau tanpa harus mengganti airnya pada kolam terpal, karna kalo g di ganti lelenya pada mgantung smua, makasih sebelumnya
wassalamualaikum,

Taufik mengatakan...

Waalaikum salam wr,wb.
kalo kolam berbau ya tidak perlu mengganti airnya akan tetapi dikuras bagian bawahnya 1/3 lalu ditambah lagi 1/3, kalo diganti airnya makan pH air dan suhunya sudah berubah dan jg planktonnya belum ada sehingga lelenya akan menggantung, thanks.

adika setia mengatakan...

Terima kasih banyak informasinya pak.

adika setia mengatakan...

selamat malam pak, apakah ada kelompok peternak lele di kota malang?

Taufik mengatakan...

ada mas.... di kucur ada, di karang ampel ada, di dau ada.

boby mengatakan...

salam kenal pak, Bisa minta no hp bapak ? sy mau konsultasi masalah pembenihan pak,saya udh 2x pemijahan dan selalu gagal pada tahap pemeliharaan larva, larva banyak yang mati pak,saya mohon informasinya pak kalau bapak berkenan karena sy tdk bisa berkunjung ke tempat bapak karena lokasi saya di jambi Pak. Terimaksih Pak Topik,

Taufik mengatakan...

Buat mas Bobby,
salam kenal juga mas....
untuk nomor telpon ada di profile saya pojok kanan atas, sy tunggu kabar dari mas bobby, thanks.

Anonim mengatakan...

bagaimana dengan penggunaan probiotik dan bis beton sebagai regulator (penyeimbang produksi bakteri) sehingga bisa mengeliminir sisa2 pakan ?

sutiono-malang mengatakan...

mas taufik...saya bisa konsultasi untuk pembesaran lele?klo bisa saya mau datang ke tempat mas.soale saya pemula yang mencoba usaha pembesaran lele.nuwus

Anonim mengatakan...

saran saya untuk pemula, kalo baru pertamakali mencoba dan rugi dah biasa... saya aj sampe 3 kali gak untung, tp alhamdulilah sekarang dah bisa untung dan lumayan, tergantung bagaimana kita bisa menyiasati dan mengatasi masalah2 yang ada,
kalo kita sekedar latah karena oranglain bisa untung terus ikut2an, biasane malah rugi. tetap semangat jangan menyerah.
itulah pentingnya kita saling berbagi pengalaman dan pengetahuan.

Taufik mengatakan...

buat mas Sutiono,

sorry mas baru jawab..... pean sdh datang ketempat saya tapi saya baru bales comment sampean... sepurane seng katha mass.... suwun

Taufik mengatakan...

Terima kasih mas atas supportnya bagi para petani lele khususnya pemula.... memang benar jalan untuk mencapai tujuan pastinya banyak rintangan jadi jangan menyerah.... tetap semangat, thanks.

Anonim mengatakan...

Pak Taufik... saya andri dari sumber pucung, mau konsultasi mengenai lele. selama ini saya pelihara lele dumbo akan tetapi hasilnya tidak bagus yang mana ini saya selalu pakai full pelet hasilnya kadang impas, saya tebar bibit 20rb untuk kolam tanah selama 3,5 bulam menghabisksn pakan 18kwintal akan tetapi setelah panen hanya dapat lele 16,5 kwintal...menurut bapak kenapa ya??? tlg jawabannya pak, terima kasih.

Taufik mengatakan...

buat mas Andri,

salam kenal sebelumnya mas andri, sy akan mencoba memberikan analisa mengenai hasil budi daya lele mas andri yang telah dijalani, akan tetapi ada hal yg belum dijelaskan yaitu berapa isi perkilo lele yang dijual, tapi tidak ada masalah.... saya akan analisa dari faktor pakan saja.
untuk lele dumbo FCR yg didapat biasanya 1:0,8 paling bagus ya 1:1. dengan pakan 18 kwintal akan didapat hasil paling jeleknya 14,4 kwintal dan paling bagus adalah 18 kwintal sedangkan hasil mas andri 16,5 kwintal berarti FCR yg didapat adalah 1:0,9 dan ini sedah bagus menurut saya..
sekarang kita analisa dari harga pakan dan harga lele,
biaya pakan :18 kwintal x 7200/kg = Rp. 12.960.000
hasil lele :
16,5 kwintal x 8500(harga paling murah) = Rp.14.025.000,-.
16,5 kwintal x 9000 = Rp. 14.850.000,-
16,5 kwintal x 9500 = Rp. 15.675.000,-
dari analisa diatas bisa dilihat bahwa kalo kira jual dengan harga Rp. 8500/kg masih ada keuntungan +- Rp. 1.100.000,- apalagi dijual dengan harga diatasnya.
cuma mas andri tidak juga menyampaikan berapa harga jual perkilonya... itulah hasil analisa saya. thanks.

Anonim mengatakan...

pak taufik, saya joko dari singosari. saya ada kolam yang nggak dipakai. rencananya mau saya isi lele. bisa nggak saya minggu ini, tgl 6 mei ke tempat bapak untuk melihat-lihat sambil belajar. tks sebelumnya

Helmi uyaimub mengatakan...

ass...smoga P.Taufik & kel dlm keadaan baik. utk para petani lele smga hasil panennya slalu melimpah. pak sy psan yg 6ribu itu tlong di jadikan dua krn yg 3rb titipan saudara. kira2 tgl berapa bisa sy ambil...trims. untuk mas sutiono klo yg di mksud bak sorter(seritan) di kasin mas.. tepatnya dari arah rmh makan CAIRO (embong arab) terus kebarat smpai notok. sblm pos polisi kiri jalan. buat rekan2 petani lele klo kesulitan menjual hasil panen sy siap membantu (HELMI 085646510322)hrga 10 rb /kg. matur nuwun

Taufik mengatakan...

Buat mas joko,

hari minggu tanngal 6 mei ini kosong kolam tutuyp soalnya saya ada keperluan ke luar kota, minggu depannya ato hari rabu jam 4 sore, thanks.

Taufik mengatakan...

Waalaikum salam pak, maaf baru jawab...

bibitnya saya kirim hari ini jam 3 sore pak...
buat teman2 petani, ini pak helmi siap menbantu pemasaran lele para petani..silahkan kontak dengan pak helmi kalo perlu kerumah pak helmi saya siap antar, thanks.

Anonim mengatakan...

saya endro..
salam kenal buat pak taufik...
mau tanya pak...kalau modal awal buat ternak lele,butuh berapa pak...??

terima kasih infonya..

Taufik mengatakan...

buat mas endro,

untuk modal pakan dan bibit +- Rp.900.000, utuk kolam bambu +- Rp. 250.000,-
thanks.

Anonim mengatakan...

Makasih infonya pak taufik..
oya no kontak bapak yang ada d profil kok g bisa di hub ya pak...
saya remcananya minggu ini mau maen ke rumahnya pak taufik...pingi sharing ttg ternak lele

matur suwun pak...:)

Taufik mengatakan...

maaf mas endro, beberapa hari ini memang sering sy matikan soalnya sy lagi sakit... kalo mau datang minggu besok jam 9 pagi mas sy tunggu dikolam. thanks.

Anonim mengatakan...

pak taufik, daerah tempat tinggal saya dekat dengan pabrik gula, saya khawatir dengan abu dari asap polusi yg dihasilkan pabrik mencemari permukaan air kolam lele, mengingat pakan lele yg diberikan adalah pakan apung. menurut bapak bagaimana???

Ricad mengatakan...

Slam kenal pak Taufik
saya berniat memulai bisnis budidaya lele
setelah membaca beberapa artikel anda,muncul pertanyaan apa suhu air yang terlalu dingin mempengaruhi perkembangan lele . .
mengingat domisili saya ada di daerah lereng Gn. Kawi . . .
apabila berpengarus negatif, apa ada solusi untuk mengatasinya . . .
trima kasih pak
ditunggu responnya :)

Taufik mengatakan...

untuk daerah yang seperti anda utarakan memang agak berpengaruh, alangkah baiknya pada saat pabrik itu mulai produksi anda tutup dengan menggunakan plastik transparan yang warna bening agar debu tidak masuk ke kolam dan agar sinar matahari masih bisa masuk juga kekolam. nanti kalo sdh tidak produksi lagi dilepas lagi untuk dipake 6 bulan berikutnya, karena produksi tebu per 6 bulan, thanks.

Taufik mengatakan...

buat mas Ricad,

suhu memang berpengaruh terhadap perkembangan lele, semakin panas suhu suatu daerah akan semakin cepat perkembangan lele, untuk menetralisir suhu yang rendah saya punya herbal yang begrfungsi untuk menyetabilkan suhu air dalam kolam sehingga apabila suhu turun dengan tiba2 maka air kolam akan tetap hangat. saya ada kelompok tani di daerah kucur yang kebetulan bisa dibilang lereng gunung kawi juga, disana itu dingin sekali akan tetapi lele yang dibudidayakan semuanya sehat, thanks.

zainudin mengatakan...

assalamualaikum pak Taufik, saya Zainidin.
pak saya pemula yang ingin berbudidaya lele sangkuriang. saya punya kolam terpal ukuran 1m x 3m. kira2 bisa diisi berapa bibit? sekalian saya mau pesan bibitnya di pak Taufik. satu minggu lagi bisa pak?

Taufik mengatakan...

waalaikum salam, salam kenal pak... kalo ukuran 1x3 hanya bisa diisi max 500 ekor. untuk bibitnya akan saya siapkan pak, thanks.

zainudin mengatakan...

insya Alloh 18 pak saya ke ke tempat bapak, sesuai alamat yang tertera di atas. terima kasih sebelumnya...

zainudin mengatakan...

mksd saya tanggal 18 juni sya ke tempat bapak.

Anonim mengatakan...

ass pak taufik,
sy Fery di purwosari pasuruan
mw share y pak. kalo sy punya bibit ukrn 5/7 sebaiknya menggunakan pelet type berapa ya
mnrt info yg sy dpt pkn yg trlalu besar bisa buat ikan jd kembung
trims sblmnya
089677894284

Taufik mengatakan...

buat mas fery,

ukuran bibit 57 sdh bisa makan pelet 781-1 untuk lele sangkuriang. selama pakan itu masih bisa dimakan oleh lele tidak akan kembung, gunakan pakan merk CP prima, kalo selain itu kebanyakan akan kembung.thanks.

Anonim mengatakan...

pengaplikasian plastik transparan ini bagaimana pak??? apa ditutup rapat pada tepi atas kolam? lalu bagaimana dengan sirkulasi udaranya?

Trims,

Anonim mengatakan...

Fery (PSRN)
ass pak taufik,
alhmdlh kolam sdh sy lakukan pengomposan sesuai arahan pk taufik , lalu Insya Allah 2mgg/ 10hr lg apa bisa sy psen bibit 5/7 y pak?
untuk kolam ukuran sy 1,5x2 boleh diisi brp ekor y pak ato kalo boleh sy mendahului sy akn psen 500ekr dlu , bisa skalian sy psen. nanti kl sdh hari H akn sy contak u sy ambil
mohon doanya agr skses smpe panen
trims sblmnya
wslm

Taufik mengatakan...

Waalaikum salam,
mas fery... mulai tanggal 28 juni sd 4juli saya keluar kota, jadi untuk bibitnya bisa diambil setelah 4 juli. yang penting mencoba dulu nanti akan baru tahu bagaimana cara memelihara lele... thanks

Anonim mengatakan...

Fery

ow brarti sy bisa psen sblm tgl 28 donk pak,kbtulan sdh 10hr pengomposan,hehe
maaf lg smngt bgt nih,...
stlhnya ati2 djln aj pak,..selamat brjln jln

Taufik mengatakan...

bisa diambil tanggal 28 mas, nanti saya siapkan yg penting kabari kalo mu ambil satu hari sebelumnya.thanks.

Anonim mengatakan...

Fery (PSRN)

maaf beribu maaf pak taufik
sy dikaruniai musibah
kolam ambyar jadi air meluber kemana2
sementara waktu sy bongkar kolam sy perbaiki kembali
nanti sy kbri lg info selanjutnya
jadi mulai dr awal lagi pak
mohon doanya
trimakasih

Taufik mengatakan...

oke mas, gak papa.....
yang penying kolamnya jadi dulu masalah bibit bisa nanti, oke deh semoga cepat selesai dan bisa budidaya lele sangkuriang, thanks.

go away mengatakan...

assalamualaikum, wr, wb
salam kenal mas taufik,mau sharing pengalaman mengenai lele tebar padat ada yang sampai 300-350 ekor/meter3, itu gimana mas, (saya sendiri belum pernah tebar padat max 200 ekor/meter3),dengan bantuan sirkulasi air dan kedalaman air min 1 meter, padahal semakin tinggi kedalaman air otomatis suhu semakin dingin, bagaimana dengan pengalaman mas taufik selama ini. wassalamualaikum wr. wb

Taufik mengatakan...

salam kenal juga mas, tapi sayang gak ada nanamya....!!!
tebar padat tinggi bisa dilakukan jangan kan cuma 350ekor 1000/m2 pun bisa asalkan tahu teknik budidayanya....
untuk tebar padat tinggi yang perlu diperhatikan adalah sirkulasi air dalam kolam harus dilakukan sesering mungkin untuk mengantisipasi berkembangnya amoniak dalam kolam sebab tebar padat tinggi akan banyak memproduksi amoniak....kalo suhu tidak ada masalah, dengan semakin padat kolam suhu akan naik dengan sendirinya. thanks.

Anonim mengatakan...

Fery (PSRN)
"Untuk bimbingan dan konsultasi ataupun sharing, silahkan datang setiap hari minggu jam 09.00 wib."
maaf pak taufik untuk hal tsb apa ada biayanya yaa...hehe

Anonim mengatakan...

AbieL, sumenep, madura
assalamu'alaikum pak taufik, maaf sbelumnya,, domisili saya di sumenep,madura,, mau tanya pak,,
1. pakan yang bagus buat lele apa ya,, nah trus kalo di mlg grosir pakan dmn,,? Maklum d sini pnjual pakan sdikit pak,.
2. harga bibit sangkuriang 5-7 brp pak,,?
3. Kalau misal pakan lele mau di selingi pakan lain,, yang bagus apa pak? Thanks wassalamu'alaikum

Taufik mengatakan...

buat mas Abiel,

salam kenal sebelumnya, pakan bagus untuk lele menurut saya ada 2 macam yg pertama merek cetral proteina prima (CP prima) kode 781-1, 781-2, 781-3. yg kedua adalah merk matahari sakti dengan kode LP1, LP2,LP3. kalo disumenep biasanya adanya 781-2 dan 781-3.
untuk pakan dimalang distributor ada disekitar BOLDY nama tokonya sumber sarana unggas.
untuk pakan tambahan didaerah semenep bisa menggunakan ikan laut yg kecil2 kalo untuk lainnya kayaknya tdk ada. thanks.

Anonim mengatakan...

salam satu jiwa mz..
saya yayok singosari
mw jd pemula ternak lele pengen maen k tmpat mz taufik stlah kolam saya jadi....
mohon bantuannya....^^

Taufik mengatakan...

buat mas yayok,

kabari aja kalo mau kekolam saya 1 hari sebelumnnya.thanks.

Taufik mengatakan...

gak ada mas ferry...

Tyox mengatakan...

assalamualaikum
tyox di nganjuk
Mas Taufik ayah saya mau jadi pemula ternak lele sangkuriang, apakah bapak bisa membantunya dan untuk belajar beli bibit lele berapa mas?
mohon bimbingannya
terima kasih

Anonim mengatakan...

slmt siang pak taufik ..
saya adi mahasiswa umm dateng dr sby tmpt kos saya di jetis deket kampus umm,lgsg aja ..
om taufik kira2 itu modal awalnya butuh merogoh kantong brp ya? apa bisa sih join kolam dulu untuk awalan om? benernya udah lama pengen ternak ginian tp enggak ada koneksi om.. di tggu reply nya ,terimakasih bnyk !

Anonim mengatakan...

Met siang......
Bagaimana ya kalau daging ikan lele sangkuriang di jadikan bakso...? rasa dan aromanya bagaimana.... mungkin ada yang pernah coba ?

Anonim mengatakan...

revizal - malang
luar biasa, setelah membaca komentar2 dari teman2, salut buat pak taufik yang mau melayani dengan sepenuh hati. salam kenal

Taufik mengatakan...

buat mas Tyox..

maaf sy baru bisa balas....
bisa mas, kalo bisa datang saja hari sabtu tanggal 6 oktober 2012, kebetulan saya ada dirumah. thanks.

Taufik mengatakan...

maaf mas, baru bisa balas juga... modal awal tergantung kita mau memulai dari berapa... kalo pemula coba saja 1000 ekor, modal hanya +- 900rbu termasuk pakan diluar kolam... kalo bisa datang saja hari sabtu sore tanggal 6 oktober 2012 kebetulan saya ada dirumah. thanks.

Taufik mengatakan...

yang pasti daging lele sangkuriang lebih gurih dan tidak basah seperti daging lele dumbo. thanks.

Taufik mengatakan...

salam kenal juga mas revizal,

saya hanya membantu teman2 yang benar-benar mau belajar budidaya lele sangkuriang dan sharing antar petani lele agar kita mendapat informasi yang banyak tentang budidaya lele sangkuriang...
kalo teman2 kita banyak yang berhasil itu bukan karena saya akan tetapi karena kegigihan teman2 dalam menggali dan menerapkan ilmu tersebut. saya hanya membantu apa yang saya bisa. terima kasih atas apresiasinya mas revizal.

Juanila Rose mengatakan...

Selamat siang bapak taufik

saya Nila mahasiswi universitas brawijaya malang.
saya sangat tertarik untuk mengetahui lebih jauh mengenai budidaya lele sangkuriang.
apakah saya dapat datang ke tempat bapak selain hari minggu ?
dan apakah saya harus membuat janji terlebih dahulu dengan bapak ?
terima kasih.

iqbal yusuf mengatakan...

selamat pak taufik
saya iqbal-malang
saya anak SMP
saya baru ingin budidaya lele sangkuriang
d rmh sy ada kolam nganggur nihh kira2 2mx1m
itu kira2 cukup buat brp ikan lele? dan persiapan2 utk modif kolam supaya lele nnt gk cpt mati??

Anonim mengatakan...

l

Rusdy kutrik mengatakan...

Mas punya lele untuk konsumsi, Hub. saya di 085.334.790.008
Rusdy-batu

Hery Dzekio mengatakan...

selamat sore Bapak Taufik,sebelumnmya saya berterimakasih atas bantuannya,
saya mau tanya apakah penyortiran itu perlu?
dan bagaimana cara penyortirannya ikan lele?
kemudian bagaimana pemberian makan pelet sampai panen,kira2 menunya seperti apa?
terimakasih
Hery di Tegal

Taufik mengatakan...

buat mbak nila,

maaf saya baru bisa jawab sekarang....
saya hanya bisa hari sabtu ato minggu soalnya saya banyak diluar kota.
untuk bulan november saya bisa tanggal 17 dan 18 november 2012.

Taufik mengatakan...

buat mas iqbal,

maaf juga saya baru bisa jawab, untuk kolam ukuran itu hanya bisa diisi 300 ekor bibit.
lele biar tidak cepat mati harus dijaga kondisi airnya agar sesuai dengan kutuhan lele. thanks.

Taufik mengatakan...

buat mas rusdi,

maaf mas lele konsumsi saya sudah habis, kalo memang butuh kabari 2 minggu sebelumnya. thanks.

Taufik mengatakan...

buat mas Hery Dzekio,

pernyortiran untuk pembesaran lele sebenarnya perlu, tergantung dari bibit yang ditebar.
kalo lele sangkuriang dengan bibit tebar minimal ukuran 4-6 tidak perlu disortir karena dalam 2 bulan sudah bisa dipanen, kalo nantinya ukurannya tidak sama itu memang lumrah setelah dipanen baru di pisahkan antara yang besar dengan yang kecil.
untuk menyortir lele cukup dengan memisahkan lele yang sudah siap panen dengan yang masih kecil sehingga akan didapat hasil yang memuaskan.

untuk pemberian pakan pelet bisa menggunakan pelet buatan pabrik merk CP Prima kode 781-1 3kg, 781-2 5kg, 781-3 60sd 70kg. untuk 1000 ekor lele.

cara pemberian pakannya adalah diberikan sampe lele itu kenyang dengan pemberian sedikit demi sedikit sampai pakan itu tidak tersisa, jangan sekali-kali menberikan pakan langsung dengan menebar banyak nantinya apabila tidak dimakan akan tenggelam dan akan mengakibatkan timbulnya amoniak akibat pembusukan pakan, nantinya akan berpengaruh pada kwalitas air dalam kolam. thanks.

Rusdy kutrik mengatakan...

Kalau ada mas saya tunggu kabarnya

Rusdy kutrik mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Anonim mengatakan...

Halo mas Taufik yg sukses,
kenalkan saya Yakub dari Medan.
Akhir bulan ini saya ada di Jawa,
Apakah saya bisa belajar ke tempat Bapak?
sangat tertarik belajar budidaya lele Sangkuriang,
juga pernah nonton di salah satu acara TV.
Berapa biayanya pak? berapa lama? Agar kita sama2 sukses.
Thanks so much,
Salam sukses.

Anonim mengatakan...

Apakah saya bisa datang tgl 25 Nov.12 mas? atau hari lain setelah itu???
Yakub

Taufik mengatakan...

buat mas Yakub,
saya mohon maaaf yang sebesar-bersaranya, untuk akhir bulan saya tidak bisa saoalnya saat ini saya banyak aktifitas di privinsi banten jadi bimbingan hanya bisa saya berikan 1 bulan 1 kali, untuk bulan nov tanggal 17 nov 2012 dan untuk bulan des dijadwalkan tanggal 29 des 2012. kalo mas yakub ingin konsultasi bisa lewat blog ini nanti saya akan jelaskan secara detail. thanks.

NiLa_Zone mengatakan...

terima kasih sudah membalas, pak taufik.
baiklah kalau begitu, besok sekitar jam 9 pagi saya akan ketempat bapak.
apakah lokasinya di belakang kampus itn ??


terima kasih

Dimas eka mengatakan...

pa kabar pak taufik..
saya mau tanya kenapa air kolam saya cepat sekali bau...
posisi kolam disamping rumah yang kurang kena sinar matahari..?
bagaimana solusinya?
trima kasih.




































Anonim mengatakan...

hallo mas taufik akun saya arie_yuge@yahoo.id.co saya tinggal disurabaya lahan yang saya gunakan kolam terpal bekas sebuah bangunan seluas 3X4 atasnya tertutup genting saya tebarkan 3000 ekor setelah 3 minggu saat remaja banyak yang mati alias tewas bagaimana baiknya,rencana saya akan saya tebar lagi mohon sarannya trim's

«Paling tua ‹Lebih tua   1 – 200 dari 259   Lebih baru› Terbaru»