Kamis, 24 Februari 2011

Memijahkan Lele Sangkuriang Secara Alami

Dalam melakukan pemijahan lele sangkuriang ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, al :
1. Persiapan kolam pemijahan. 
Kolam Pemijahan bisa dibuat dengan membuat kolam terpal yang lebih praktis dan ekonomis dan mudah dalam pelaksanaannya. Untuk kolam pemijahan bisa dibuat dengan ukuran 4m x 2m dengan ketinggian dinding kolam 1 meter.

2. Pembuatan Kakaban.
kakaban dibuat dengan  menggunakan ijuk  yang telah dibersihan dari lidi-lidi besarnya dengan maksud agar lele tidak terluka pada saat melakukan pemijahan,  ijuk tersebut dipotong kurang lebih 30 - 40 cm kemudian dipaku bersama dua bilah bambu yang sudah diserut halus. Panjang kakaban dibuat 1,5 m dan untuk kolam ukuran 2m x 4m dibutuhkan 14 - 18 buah kakaban. 



3. Persiapan Kolam Penetasan.
Kolam penetasan dibuat dengan ukuran 4m x 3m dengan ketinggian dinding 50cm, kolam ini juga dibuat dengan menggunakan terpal agar lebih mudah. Untuk satu kali pemijahan dibutuhkan 5 buah kolam penetasan, ini disebabkan telur yang dihasilkan sangat banyak jadi harus dibagi ke beberapa kolam penetasan.


4. Persiapan Indukan.
Dalam melaksanakan pemijahan harus disiapkan indukan yang siap untuk pemijahan baik jantan ataupun betina. Ciri indukan yang siap untuk betina adalah alat kelamin sudah berwarna merah jambu ataupun kalau itu tidak begitu kelihatan tinggal dipegang perutnya kalau terasa lembek berarti sudah siap. Untuk yang jantan juga sama bila alat kelaminnya sudah kelihatan berwarna merah mudah dan menonjol atau bisa juga dilihat dari siripnya bagian atas yang berdiri.


5. Persiapan Pemijahan.
setelah disiapkan kolam pemijahan kita bisa memulai proses persiapan pemijahan antara lain : 
a. Pengaturan kakaban didalam kolam pemijahan.
kakaban yang telah disiapkan diatur didalam kolam pemijahan secara teratur dan rapat sehingga semua telur bisa menempel dengan bagus di kakaban tersebut dan juga agar indukan lele tidak stres.  Kakaban yang sudah diatur di dasar kolam selanjutnya ditahan bambu dengan maksud agar kakaban setelah diisi air tidak naik keatas, (lihat foto).


b. Mengisi kolam pemijahan dengan air bersih.
Setelah kakaban selesai diatur di kolam pemijahan selanjutnya dilakukan pengisian kolam dengan air bersih setinggi 25 sampai dengan 30 cm.
c. Pemindahan Indukan.
Kolam yang sudah terisi air berarti telah siap untuk diisi indukan, indukan yang sudah kita siapkan baik jantan atau betina segera dipindahkan ke dalam kolam pemijahan dengan menggunakan seser secara pelan-pelan agar lele tidak stres. Pemindahan indukan sebaiknya dilakukan pada sore hari sekitar  jam 16.00.



d. Proses Perkawinan.
Selama indukan didalam kolam pemijahan jangan sekali-kali membuat kegaduhan di sekitar kolam karena menyebabkan lele tidak akan bertelur dengan baik, lele baru akan bertelur kurang lebih setelah subuh sampai pagi hari apabila kondisi lingkungan tenang.
6. Pemindahan Telur.
Biasanya pagi hari sekitar jam 6-7 pagi telur sudah bisa dilihat dengan mata kita ditandai adanya butiran warna hujau gelap diatas kakaban dan akan terlihat banyak sekali karena satu indukan bisa bertelur sampai 30.000 butir, selanjutnya pada sore harinya bisa diipindahkan masing-masing kakaban yang berisi telur ke masing-masing kolam penetasan.


Setelah semuanya berapa pada kolam masing-masing tnggal menunggu benih tersebut menetas pada keesokan harinya, biasanya pagi sudah kelihatan adan larva yang berenang disekitar kakaban apalagi dibawah kakaban akan kelihatan ribuan larva yang sedang berkumpul.

Demikian ulasan singkat mengenai pemijahan lele sangkuriang secara alami semoga berguna bagi rekan-rekan sesama pencinta lele sangkuriang, bagi yang kurang jelas silahkan berikan comment anda ataupun saran untuk bertukar pikiran mengenai budidaya lele sangkuriang.

35 komentar:

VaniA mengatakan...

Bpk Taufik saya Mau tanya, Indukan Yang Sudah Siap Di Pijahkan umur nya Berapa Tahun ya?

Taufik mengatakan...

Untuk VANIA, salam kenal sebelumnya.

Indukan lele sangkuriang yang siap untuk dipijahkan minimal berumur 1 tahun karena dengan umur itu baru bisa dihasilkan benih yang bagus dan banyak, lele yang umurnya dibawah 1 tahun sebenarnya bisa mijah tapi haslnya tidak bagus karena telor yang dihasilkan masih telor awal. thx.

Anonim mengatakan...

YTH. Bpk.Taufik
Setelah adanya larva, untuk sementara kita biarkan atau langsung kita berikan umpan.???
dan jika d berikan umpan, umpan apa yang bisa d pakai..??
terima kasih

Taufik mengatakan...

Sebelumnya saya mohon maaf karena saya tidak mengerti apa yang dimaksud dedngan umpan, kalo yang dimaksud itu pakan maka setelah ada larva biarkan saya tidak perlu dikasih makan karena masih punya cadangan makanan dalam badannya. tolong sebutkan nama dan alamatnya,thx.

herydhe mengatakan...

mas/pak bolehkah main? kalau mau main jam berapa dirumah dan hari apa? terimakasih

Taufik mengatakan...

Buat mas herydhe,

boleh mas,kapan aja boleh tapi kabari dulu.. karena skrng bulan puasa baiknya sore saja jam 3 ato jam 4 sore.thx.

Indra Wijaya mengatakan...

thanks y mas udh share ilmunya he6. mas klo indukan lele yg siap mijah itu beratnya brp kg y? trus cr bersihin ijuk yg br kt beli gmn, soalnya ane bc2 dr blog laen ktnya hrus d bersihin/distreril pake formalin bener gak??
oia mas tlng info hrg indukan yg siap mijah ke imelku b4ngjury@yahoo.com.
thanks

Taufik mengatakan...

Buat mas Indra,

kalo berat indukan tidak bisa dipastikan soalnya ada yang beratnya 1kg lebih tapi umurnya masih muda jadi berat tidak bisa jadi ukuran... yang menentukan indukan adalah umur lele tersebut, umur lele minimal i tahun yang bisa dijadikan indukan.
Untuk ijuk tidak perlu dibersihkan secara khusus setelah selesai dipotong dan dipaku ke bambu dan sudah menjadi kakaban cukup rendan saja kedalam air sambil bersihkan sisa2 potongan ijuk yang masih menempel juga bersihkan debu2 atau sisa kotoran yang menempel di ijuk setelah itu bisa langsung dipake. thanks.

abi mengatakan...

mas taufik, saat memijahkan ahad sekitar jam 4 sd jam 5 (saat itu turun hujan), alhamdulillah besok paginya sekitar pukul 7 di kakaban banyak sekali larva (telur ikannya), kemudian jam 4 sorenya (senin jam 4) kembali di pindahkan ke kolam penetasan. akan tetapi hingga hari ini Rabu siang (kenapa hanya beberapa ekor yang terlihat) berenang di atas kakaban. dari 5 kolam penampung kakaban, 2 kolam airnya agak berbau .. (mungkin telur tidak terbuahi), tetapi ada beberapa benih telah berenang disana, dan 3 kolam lainya belum terlihat benih berenang, akan tetapi airnya tidak bau ..

Normalkah ini ? .. apakah ada saran ? .. Jika keluarnya tidak serempak seperti ini, bagaimana cara pemberian casut berikutnya.

Sebagai catatan, saat pemindahan kakaban ke kolam penetasan sekitar jam 4, tinggi air antar 11-17 cm (rata rata 15 cm). kemudian di berikan campuran garam airnya dengan cara di percikan dan ramuan ramuan herbal lainnya.

Atas jawaban sarannya saya ucapkan banyak terima kasih, semoga Allah membalas budi baik mas.. ^_^ ..

abi mengatakan...

oh yah, herbal yang dimasukan, di terima dari sang pemberi nama sangkuriang ini mas, mas insya Allah tahu, karena sepertinya mas SL Gadog juga .. hanya jika saya SL baru .. ^_^ ..

Taufik mengatakan...

Buat Mas ABI,

maaf sekali saya mas saya telat menjawabnya... tapi gak papalah saya akan jelaskan, karena mas abi juga SL saya rasa tehniknya sudah benar tapi mungkin ada beberapa hal yang mas abi tidak ketahui saat di SL karena kita tidak pernah menyaksikan langsung prosesnya yaitu telor yang tidak dibuahi...
yang pertama, saat siang hari setelah bertelor dilihat apakah warna telornya masih berwarna hijau atau sudah berubah menjadi putih!!! itu yang abi tidak jelaskan diatas. kalo sudah banyak yang putih berarti banyak telor yang tidak dibuahi sehingga hasilnya sedikit.
yang kedua, air berbau berati banyak larva yang mati ataupun pembusukan akibat telor yang tidak dibuahi tersebut.
yang ketiga, untuk ketinggian air diusahakan minimal 20cm karena tiap daerah tidak sama perlakuannya, biasanya kalo musin hujan setelah hujan reda matahari akan langsung bersinar terik sekali sehingga air kolam akan tinggi suhunya oleh karena itu saya sarankan minimal 20 cm.
yang keempat, setelah pindah kakaban tolong cek tiap hari perkenbangan larvanya jangan langsung hari ketiga, dilihat apakah larvanya sehat dan lihat juga apakah larva tersebut berkumpul dalam 1 tempat secara bergerombol kalo itu terjadi berarti kondisi air suhunya tinggi, kalo kondisi stabil biasanya semua larva akan berenang secara berpencar.
yang kelima, saya sarankan setelah pindah kakaban tolong ditutup lagi dengan daun pisang agar larva yang ada diluar kakaban masih terlindungi oleh daun pisang.
yang keenam, kalo yang terlihat masih beberapa ekor hari rabu mungkin saja mash ada dibawah kakaban.
yang ketujuh, biasanya kalo mijah pertama akan seperti itu dikarenakan indukannya masih baru belum sama sekali dipijah.

itulah beberapa alternatif yang mungkin bisa saya jelaskan buat mas abi.... tolong alamat mas abi dan nomor telponya agar saya bisa kontak mas abi. thanks.

SMS Gratis mengatakan...

Wah sangkin sibuknya di kolam, baru baca juga.

Alamatnya Jl. Melati Raya No.30 Kel. Kali Baru Kec. Medan Satria, Kota Bekasi Barat Telp. 083898301143

hari sabtu kemarin sempat ke abah, karena khawatir kondisi air yang tidak baik. ternyata kata abah mengandung zat besi. saya belum dapat alternatif menghilangkan zat besi, walau beberapa saran muncul dari teman teman dan abah.

akhirnya memutuskan memakai air baru, (air tetangga) dan tadi sore (jum'at) sore saya mencoba memijah lagi, kali ini tidak mau banyak dulu (5:3), saya coba (2:1),

1 betina abah,
1 jantan abah,
dan
1 indukan betina bppat.

dengan hanya 3 kakaban, alhamdulillah hari ini, sabtu telurnya banyak, ada sedikit sekali yang putih, tetapi rata rata agak ke abu abuan ada bintik hitam. (jam 9 pagi ini)

rencana sore ini mau pindah ke kolam penetasan.

oh ya mas, soal mengangkut kakaban, kapan waktu terbaik, setelah selesai cacing sutra, atau ketika telur telah menetas saja, ..

=== yang ke 7
mungkin ya mas, karena pijahan pertama kebetulan indukannya sudah 7 bulanan tidak di pijah, dan di berikan kesaya dari ustadz, secara geno sangat siap pijah jika melihat ciri ciri fisiknya.
===

terima kasih banyak, jazakumullah khair sebelumnya mas, semoga segala kebaikan jawabannya di balas yang diatas, aamiin ..

jangan bosan ya mas kalo di tanya lagi .. ^_^ ..

SMS Gratis mengatakan...

Oh ya ini saya Abi

SMS Gratis mengatakan...

Abi ..

========================
yang keempat, setelah pindah kakaban tolong cek tiap hari perkenbangan larvanya jangan langsung hari ketiga, dilihat apakah larvanya sehat dan lihat juga apakah larva tersebut berkumpul dalam 1 tempat secara bergerombol kalo itu terjadi berarti kondisi air suhunya tinggi, kalo kondisi stabil biasanya semua larva akan berenang secara berpencar.
yang kelima, saya sarankan setelah pindah kakaban tolong ditutup lagi dengan daun pisang agar larva yang ada diluar kakaban masih terlindungi oleh daun pisang.
========================

berarti di kolam penetasan ada 2 yah mas, kakaban dan daun pisang ??? ...

SMS Gratis mengatakan...

alhamdulillah, sudah sangat banyak yang menetas dengan pola menyebar memenuhi kolam .. makasih mas. Abi

Taufik mengatakan...

buat mas Abi,

untuk daerah bekasi cuacanya kan sangat panas oleh karena itu saya sarankan tetap pake 2 penutup yaitu ijuk dan daun pisang ini dikarenakan ijuk media tidak begitu lebar jika dibandingkan dengan luas kolamnya sedang larva masih belum kuatkalo ada panas yang ekstrim.

untuk pindahijuk biarkan saja selama 2minggu sampai proses pakan cacing selesai.
saya tidak akan pernah bosan untuk membalasnya cuma waktunya gak bisa cepat... oke mas semoga sukses... thanks.

abi mengatakan...

Mas Taufik, terima kasih sebelumnya, mas taufik pernah mengalami, tumbuhnya lumut sutra, bagaimana cara mengatasinya, sulit sekali .. by phone dengan abah, kadang agak sulit juga ..

ini terjadi pada 2 kolam saya, terdapat banyak lumut sutra, hemm pada benih umur 4 hari lumut sutra telah memenuhi kolam ..

larva pada hari ke 3 telah saya berikan, atas mandat kang ukin by phone, karena larva telah menetas dan menyebar rata ke seluruh kolam, tapi pada hari ke empat lumut sutra merata kemana mana, stress juga ..

kata abah, itu karena kakaban di jemur, kakaban katanya jangan di jemur rendam aja di kolam, solusi beliau di serok dengan seser agak lebar diamter lobangnya, tapi saya sangat kesulitan, karena selaian area cukup luas 3x4 saat menseser banyak benih menyangkut pada lumut, ..

mohon saran jika ada yang dapat saya lakukan, .. terima kasih .. ^_^ ..

abi mengatakan...

saat ini cuaca sangat tidak menentu mas taufik, hujan tiba tiba dan panas tiba tiba itu hampir tiap hari terjadi, .......... ^_^ .. :(

Taufik mengatakan...

Buat Mas Abi,

memang benar kata aba, penyebabnya memang karena kakaban yang dijemur kalo sdh terjadi memang harus diseser dengan seser yg lubangnya besar akan tetapi resikonya memang seperti yang mas abi jelaskan,,,itu akan menjadi resiko yg harus kita tanggung oleh karena itu untuk menghindari terjadi lagi maka hal yg perlu diperhatikan adalah kakaban harus tetap dalam kolam walaupun tidak dipakai, yang kedua diusahakan untuk mengurangi sinar matahari yang masuk kekolam pada saat 1kinggu pertama setelah kakaban dipindah kedalam kolam penetasan, dikarenakan sinar yg terlalu terik akan mempercepat pertumbuhan lumut. thanks.

abiwin mengatakan...

1. Iya mas sekarang kakaban, selalu saya rendam di dalam air, .. ^_^ ..

2. Pengurangan matahari ? .. maksudnya dengan seperti memasang paranet di kolam ? .. berapa idelanya 35 : 65 apakah cukup ? ..

Mas, mau tanya di salah satu Kolam, bekas pemijahan, Alhamdulillah benih lahir cukup banyak sekali, sekarang sudah usia 7-9 harian, .. Benipun rata rata sudah 2 CM ke atas .. Gesit, Lincah, akan tetapi kok saya perhatikan mereka senangnya berada di POJOK kan, kumpul ..

dan di bawah daun pisang, serta merata penuh di samping dinding dinding kolam jika malam ? ..

Ini kenapa yah mas ? .. apakah normal, atau ada gejala lainnya ? .. saya telpon aba, kata beliau kepenuhan dan di minta untuk pindah kolam, ..

Ada pengalaman lain mas ? ... Oh yah sudah 2 hari ini suka tumbuh lumut di atas airnya dan busa, akan tetapi saya buang terus dengan seser padat ..

^_^

Taufik mengatakan...

Buat Mas Abi,

untuk pemgurangan sinar matahari bisa menggunakan paranet 2minggu pertama selanjutnya dibuka lagi agar perkembangan lelenya cepat.
berkumpul dipojok dikarenakan panas matahati terik sehingga gutuh perlindungan dari sinar matahari langsung alangkah baiknnya kalo umur 7-9 hari seperti yang mas abi bilang tambahi saja dengan daun pisang yang agak banyak nanti setelah umur 2minggu buang semua yang menutipi kolam.
gejalan tersebut alamiah dan normal yang penting pinter2 kita bagaimana mengatasinya.
kalo sudah dipasang paranet pertumbuhan lumut akan lambat dan lama2 akan mati. thanks.

waone.cell mengatakan...

menarik sekali saya ingin mencoba apakah yang di perlukan untuk pemula seperti saya?
mana saya wawan
saya dari cilacap
thanks

Taufik mengatakan...

Buat Waone.cell.

Untuk pemula saya sarankan pembesaran dulu jangan langsung pembenihan karena tingkat kesulitannya cukup besar, silahkan mencoba pembesaran setelah sukses pembesaran barulah belajar pembenihan. thanks.

Unknown mengatakan...

salam kenal pak taufik....
untuk pembimbingan pelatihan budidaya lele sangkuriang di jawa tengah ada ngak pak? karena saya berdomisili di jawa tengah...

sebelumnya terima kasih..

jiank antoni mengatakan...

Aq mau tanya pak.aq punya lele umur sekitar 3 tahun berat nya kurang lebih 4kg an .menurut mas taufik bagus ga untuk dimijah kan. BlZ.

Unknown mengatakan...

salam kenal pak taufik,saya ruhli mau tnay klo harga benihnya brapa per ekornya?

Taufik mengatakan...

untuk harga masih tetap dari dulu, 4/6 150, 5/7 200. thanks.

thyan mengatakan...

mas mau nanya kalau indukan yang di pijahkan udah bertelur jam 6 pagi, apa harus nunggu jam 4 buat mindahin kakabany ke kolam pendederan,, soalnya saya udah 2 x mijahin mati semua telurnya ,,pada jam 10 pagi,,karna saya mindahin kakabanya jam 6 pagi .. mohon info dan penjelasanya mas,,,,, matur suwunnn...

Anonim mengatakan...

Slamat pagi bpk Taufik, saya Randy mahasiswa domisili malang, mau mencoba pembesaran benih lele, bisa saya belajar dari bapak, dan kpn kira2 bapak bisa ditemui? terimakasih sebelumnya

Anonim mengatakan...

Selamat siang pak, saya mau tanya bagaimana perawatan induk lele setelah dipijahkan. terima kasih

Unknown mengatakan...

maaf mau tanya nich....kl kakaban tidak usah dipindah, tapi di tetaskan dikolam pemijahan gimana pak???
apakah kakabanya harus dibali???
terima kasih

Unknown mengatakan...

Salam pak taufik.mau nanya apa bpk menjual indukan juga?

Unknown mengatakan...

Salam pak taufik.mau nanya apa bpk menjual indukan juga?

paddyabner mengatakan...

Ultimate Pure Titanium Earrings: How to Fit & Make
At a more advanced level of titanium, we're providing you titanium frame glasses with a titanium chopsticks complete beginners guide to titanium dioxide formula the titanium granite best bangalore titanium solvent trap luxury brands.

tase mengatakan...

q999f5dqets435 nfl jerseys,wholesale nfl jerseys from china,nfl jerseys,wholesale jerseys,Cheap Jerseys from china,nfl jerseys,wholesale nfl jerseys,nfl jerseys,Cheap Jerseys free shipping,wholesale nfl jerseys from china w560h4ebwke281